Mahasiswa UC Makassar Lakukan Pendampingan ke UMKM Harmoni

Luqman Zainuddin
Senin, 20 Mei 2024 19:01
Mahasiswa UC Makassar Lakukan Pendampingan ke UMKM Harmoni
Kelompok 5A mempresentasekan ide inovasi serta usulan terhadap UMKM Harmoni. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Makassar melaksanakan kegiatan abdimas terhadap UMKM Harmoni di Sulsel.

Harmoni merupakan UMKM yang menjual boneka adat. Bahan utamanya adalah kain percac asli Sulsel. Boneka ini umumnya digunakan sebagai souvenir pernikahan.

“Permasalahannya lebih ke pembukuan yang masih manual jadi membingungkan dan juga marketing belum ada,” tutur Joshua, anggota Kelompok 5A yang mendampingi UMKM Harmoni.



Mahasiswa UC Makassar pun memberikan pelatihan cara menggunakan spreadsheet sebagai pengganti pencatatan keuangan manual.

Serta membuatkan sosial media seperti instagram dan shopee khusus untuk UMKM Harmoni hingga memberikan pelatihan cara menggunakan Canva sebagai alat untuk membuat konten.

Selain itu, mahasiswa UC Makassar juga telah mengadakan beberapa kegiatan ekspo untuk memperkenalkan produk UMKM kepada masyarakat.



Tahun lalu, di Kampus UC Makassar juga telah terlaksana kegiatan pameran produk yang dihadiri 24 UMKM yang terpilih. Kegiatan itu juga dihadiri koordinator konsultan PLUT Sulawesi Selatan, Bahrul Ulul Ilham.

Produk yang dipamerkan juga beragam mulai dari makanan hingga kerajinan tangan.

Selain Joshua, kelompok A5 beranggotakan Wira, Brandon, Gilbert, Kadek, Christine dan Ayesha. Mereka melakukan presentasi mengenai ide inovasi serta usulan terhadap UMKM Harmoni.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru