Kolaborasi Indosat & Microsoft Kebut Transisi ke TechCo dengan Kecerdasan Buatan

Tim Sindomakassar
Kamis, 15 Agu 2024 16:02
Kolaborasi Indosat & Microsoft Kebut Transisi ke TechCo dengan Kecerdasan Buatan
Indosat menegaskan komitmennya untuk bertransformasi dari Telco menjadi AI Native TechCo dengan memaksimalkan penggunaan AI di seluruh operasional perusahaan. Foto/Dok Indosat
Comment
Share
JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menegaskan komitmennya untuk bertransformasi dari Telco menjadi AI Native TechCo dengan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan. Melanjutkan kemitraan strategis dengan Microsoft, Indosat memanfaatkan Copilot for Microsoft 365, asisten AI terintegrasi, untuk meningkatkan produktivitas dan memperluas konektivitas di seluruh Indonesia.

Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Sanjeev Rawat, menyatakan di Indosat, pihaknya tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan dalam strategi perusahaan. "Kami juga membudayakan inovasi. Kami bertujuan memberdayakan setiap individu Indonesia melalui solusi berbasis AI, memastikan teknologi memberikan dampak positif bagi masyarakat," ujarnya.

Pendekatan Indosat sejalan dengan Microsoft’s Work Trend Index 2024, yang menunjukkan bahwa 92% profesional di Indonesia menggunakan AI generatif di tempat kerja dan 92% pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing.

Tingginya adopsi ini menegaskan pentingnya teknologi AI dalam berbagai lapisan tenaga kerja. Pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan dan meraih manfaat bisnis yang nyata.

Sanjeev Rawat menambahkan sebagai tim teknologi informasi dan operasi digital, pihaknya sering terjebak dalam tugas-tugas rutin seperti pembuatan dokumen dan manajemen konten. Copilot for Microsoft 365 menjadi mitra yang sangat membantu.

"Alat ini menyederhanakan tugas-tugas tersebut, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan kami fokus pada inisiatif strategis serta pelayanan pelanggan. Dengan pengelolaan sumber daya yang efisien, Indosat dapat meningkatkan kualitas layanan untuk lebih dari 100 juta pelanggan dan mendorong pertumbuhan perusahaan," tuturnya.

Copilot for Microsoft 365 mempermudah berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi.

Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan. Dalam transformasi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung oleh Microsoft untuk memanfaatkan Copilot dalam meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, mengatakan pihaknya merasa terhormat mendukung Indosat dalam perjalanan transformasi AI. Integrasi Microsoft Copilot tidak hanya meningkatkan produktivitas internal perusahaan, tetapi juga menciptakan dampak luas di luar Indosat.

"Melalui peningkatan efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia. Ini adalah contoh nyata kekuatan teknologi untuk mendorong dampak sosial, dan Microsoft sangat bersemangat menjadi bagian dari perjalanan bersejarah ini," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru