HUT ke-79 RI, Direktur Sekolah Islam Athirah Sebut Momen Memerdekakan Jiwa

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 17 Agu 2024 18:20
HUT ke-79 RI, Direktur Sekolah Islam Athirah Sebut Momen Memerdekakan Jiwa
Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia kembali digelar di Sekolah Islam Athirah dalam rangka HUT ke-79 RI. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia kembali digelar di Sekolah Islam Athirah dalam rangka HUT ke-79 RI. Seperti pada tahun sebelumnya, upacara digelar dari tiga wilayah yakni Kajaolalido, Bukit Baruga, dan Bone, Kamis (17/8/2024).

Didaulat sebagai inspektur upacara untuk Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, Andi Radi Ari Pratama. Andi Radi merupakan siswa berprestasi dan saat ini menjabat sebagai anggota Paskibra Unit 302 SMA Islam Athirah 1 Makassar.

Selanjutnya inspektur upacara untuk Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga didaulat kepada M.Y. Qardhawi. Qardhawi merupakan siswa Kelas SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang saat ini menjabat sebagai ketua LSO Rohis. Sementara untuk Sekolah Islam Athirah Wilayah Bone, inspektur upacara dipercayakan kepada wakil direktur, Syamsul Bahri.

Sementara itu, Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril, ST MPd menghadiri Upacara HUT ke-79 RI di Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga. Syamril sendiri memaknai peringatan kemerdekaan tahun ini sebagai momen memerdekakan jiwa.

Dalam sebuah catatan reflektif, Syamril menguraikan harapan kemerdekaan yang tidak hanya diraih dengan raga yang merdeka, namun juga jiwa perlu kemerdekaan.

“Perjuangan di era sekarang bukan lagi merdeka fisik tapi merdeka jiwa. Bukan lagi melawan penjajah dengan mengangkat senjata. Tapi berjuang menyucikan jiwa dengan melawan hawa nafsu serakah,” tulis Syamril.

Dalam catatan itu pula, Syamril menjelaskan bahwa untuk meraih merdeka jiwa dibtuhkan perjuangan hijrah atau berpindah menuju kondisi yang lebih baik.

“Berpindah untuk mendekatkan diri kepada Allah sehingga jiwa kembali suci karena dihiasi dengan kebaikan, kebenaran, dan keindahan. Juga jauh dari segala kemaksiatan, kejahatan, kebencian, dan penindasan,” imbuhnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru