Kemenag Buka Lowongan 20.772 CPNS Tahun Ini, Akomodasi Lulusan Ma'had Aly

Luqman Zainuddin
Senin, 02 Sep 2024 12:55
Kemenag Buka Lowongan 20.772 CPNS Tahun Ini, Akomodasi Lulusan Ma'had Aly
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran calon pegawai negeri (CPNS) mulai Minggu 1 hingga 14 September 2024. Total ada 20.772 formasi CPNS yang dibuka.

Dari formasi itu, 5.915 di antaranya untuk lulusan Ma'had Aly, rinciannya 3.714 untuk Penghulu, 1.398 Penyuluh Agama Islam, 12 Guru Ilmu Tafsir, 686 Pengawas Jaminan Produk Halal (PJPH), 71 Pentasih Al-Qur'an, dan 34 formasi Pengembang Tafsir Al-Qur'an.

Selain itu, ada 418 formasi untuk disabilitas, 559 formasi untuk putra dan putri Papua, 1.040 formasi bagi putra dan putri Kalimantan, serta 138 formasi bagi lulusan terbaik atau Cumlaude.

Khusus PPPK, Ketua Tim Kepegawaian Kanwil Kemenag Sulsel Sopyan Ahmad menjelaskan bahwa berdasarkan rilis Biro Kepegawain Kementerian Agama RI, boleh mengikuti seleksi CPNS 2024, asal memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan.

"Boleh ikut, dengan syarat PPPK yang melamar pada jenis lowongan pengadaan PNS, wajib memenuhi masa perjanjian kerja minimal 1 (satu) tahun dan telah mendapatkan persetujuan dari PPK atau Pyb instansi," ucap Sophyan.

Syarat lain, tidak berstatus sebagai peserta lulus seleksi calon ASN yang sedang dalam proses pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP).

"Jika kedua syarat tersebut dipenuhi, PPPK yang hendak mengikuti seleksi pengadaan PNS hanya boleh melamar pada satu instansi dan satu jenis jabatan dalam satu periode seleksi," terangnya.

Sementara PPPK yang telah bekerja selama 1 tahun kata dia, tidak perlu berhenti dari jabatannya, dan jika tidak diterima sebagai PNS, mereka masih bisa melanjutkan pekerjaan sebagai PPPK. Dengan demikian, peluang beralih ke status PNS tidak memerlukan pengunduran diri dari posisi PPPK mereka saat ini," sebut Pappy.

Untuk formasi Putra/Putri Kalimantan, ada ketentuan bahwa pelamar diperuntukan bagi kebutuhan yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten/Kota Kalimantan pada saat pembuatan akun di SSCASN.

"Usia pelamar seleksi CPNS Kemenang paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar. Khusus untuk formasi Dosen dengan kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor) usia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat melamar," tegas Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Wawan Djunedi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru