Alasan Logis Warga Takalar Satu Suara Pilih Sudirman-Fatma

Tim Sindomakassar
Selasa, 03 Sep 2024 16:50
Alasan Logis Warga Takalar Satu Suara Pilih Sudirman-Fatma
Bakal Calon Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat meresmikan posko induk di Takalar. Foto: Istimewa
Comment
Share
TAKALAR - Jejak hasil kerja cemerlang Andi Sudirman Sulaiman semasa menjabat gubernur Sulawesi Selatan periode 2021-2023 begitu membekas di benak masyarakat Kabupaten Takalar.

Tangan dingin Sudirman membangun sejumlah infrastruktur di kabupaten berjuluk Butta Panrannuangku itu, masih dinantikan keberlanjutannya.

Sebut saja tanggul pengaman abrasi merupakan salah satu bukti nyata pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat Takalar.



Di masa kepemimpinan Andi Sudirman sebagai Gubernur, Pemprov Sulsel mengalokasikan bantuan keuangan untuk pembangunan 7 tanggul pengaman pantai. Satu diantaranya, di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Sebelum terbangunnya tanggul pengaman abrasi, pemakaman umum di desa itu, terdampak abrasi akibat ombak yang mengakibatkan tulang belulang ditemukan di tengah laut dan beberapa makam yang hilang, akibat tergerus abrasi Pantai.

Di lokasi itu pula, ada Kompleks Makam I Sabbelo'mo Daeng Takontu (ibunda Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin), merupakan pemakaman keluarga Raja Sultan Hasanuddin, yang bisa terancam terkena abrasi.

Perlu diketahui, pada tahun 2022, Pemprov Sulsel mengalokasikan bantuan keuangan senilai Rp15 miliar untuk pembangunan talud pengaman abrasi Takalar, yakni di Desa Palalakkang, Desa Mappakalompo, Desa Bontokanang.

Kemudian pada tahun berikutnya 2023, Pemprov Sulsel kembali mengalokasikan bantuan keuangan senilai Rp25 miliar, salah satunya untuk pembangunan 4 talud penahan abrasi, yakni Desa Popo, Desa Galesong Kota, Desa Kanaeng, dan Desa Punaga.



Sebelumnya, Komunitas Bentor, Ojek, dan Becak di Kabupaten Takalar mendeklarasikan diri mendukung pasangan Andi Sudirman - Fatmawati Rusdi pada Pilgub 2024.

Sejumlah warga yang berprofesi sebagai Pabentor, tukang becak, dan ojek online mendatangi lokasi Posko Induk Andalan - Hati di jalan Jend. Sudirman, Kabupaten Takalar, Minggu 1 September 2024.

"Kami dari Komunitas Bentor, Ojek, dan Becak di Kabupaten Takalar mendukung Bapak Andi Sudirman dan Ibu Fatmawati, semoga terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel," kata Daeng Naba selaku Ketua Komunitas Bentor, Ojek, dan Becak di Kabupaten Takalar.

Daeng Naba mengaku, bahwa dukungan itu atas kerja nyata dan perhatian yang telah ditunjukkan Andi Sudirman kepada masyarakat Takalar semasa menjabat.

"Kita sudah lihat semua hasil pembangunannya. Alhamdulillah, bagus sekali. Mudah-mudahan terpilih kembali melanjutkan pembangunan di Sulawesi Selatan, sehingga Takalar lebih diperhatikan lagi," harapnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru