Andalan Hati Mendominasi: Pengamat Sebut Kombinasi Paslon Sulsel Ini Paling Kuat

Tim Sindomakassar
Rabu, 23 Okt 2024 10:57
Andalan Hati Mendominasi: Pengamat Sebut Kombinasi Paslon Sulsel Ini Paling Kuat
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), terus menunjukkan dominasi dalam survei popularitas jelang Pilgub Sulsel. Foto: Ist
Comment
Share
MAKASSAR - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), terus menunjukkan dominasi dalam survei popularitas jelang Pemilihan Gubernur Sulsel 2024.

Berdasarkan data lembaga survei dan konsultan politik nasional dengan kredibilitas terpercaya ini mencatat, paslon Andi Sudirman-Fatma jauh melejit dalam perolehan elektabilitas, yakni 61,4 persen.




Sedangkan rivalnya, paslon Danny Pomanto-Azhar Arsyad jauh tertinggal dan hanya memperoleh elektabilitas 12,9 persen. Sedang swing voters berjumlah 25,7 persen.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin, Prof Armin Arsyad, menilai keunggulan pasangan Andi Sudirman-Fatmawati merupakan hal yang logis. Apalagi melihat kinerja Andi Sudirman selama menjabat Gubernur Sulsel.

“Andi Sudirman adalah incumbent, sementara Fatmawati Rusdi memiliki basis massa yang kuat dalam karir politiknya. Kombinasi ini sangat apik, didukung oleh partai-partai pemenang pemilu. Jika mereka menang, itu akan dianggap sebagai sesuatu yang wajar karena memang mereka layak dan pantas,” ujar Prof Armin.

Tingginya elektabilitas pasangan Andalan Hati ini, juga disebabkan oleh fakta jika Andi Sudirman dinilai mampu memacu pertumbuhan ekonomi selama memimpin Sulsel.

Guru Besar Universitas Hasanuddin, Prof Marsuki DEA, mengatakan, di bawah kepemimpinan Andi Sudirman selama hampir tiga tahun sebagai Gubernur Sulsel, ekonomi Sulsel telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Juga peran Fatmawati Rusdi saat menjabat Wakil Wali Kota Makassar, yang banyak berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi UMKM di Kota Makassar.

“Pasangan ini memiliki kapasitas untuk mengimplementasikan strategi pembangunan ekonomi, baik secara makro maupun mikro, dan membawa Sulsel ke arah yang lebih baik,” jelas Prof. Marsuki.



Tak hanya didukung hasil survei, dukungan terhadap pasangan Andi Sudirman-Fatmawati juga semakin menguat di tingkat lokal.

Calon Bupati Barru, Muhammad Aras, menyerukan kepada para pendukung dan kandidat di wilayahnya untuk bersatu memenangkan Andalan Hati. “Saya mendukung Andalan Hati secara total untuk Pilgub Sulsel. Kami mengajak Paslon 02 dan 03 di Barru untuk bersama-sama memenangkan pasangan ini. Dengan dukungan yang sama, kita bisa memastikan kemenangan di Barru dan menghindari gesekan di masyarakat,” ujar Haji Aras.

Dengan dukungan yang semakin solid dari berbagai pihak, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi kian mengokohkan posisinya sebagai kandidat terdepan dalam kontestasi Pilgub Sulsel 2024.
(GUS)
Berita Terkait
63 Anggota DPRD Sulsel Solid untuk Andalan Hati, Golkar: Kita Akan Menang
News
63 Anggota DPRD Sulsel Solid untuk Andalan Hati, Golkar: Kita Akan Menang
Dukungan politik untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman- Fatmawati Rusdi, semakin kuat dalam menghadapi pemilihan gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024.
Rabu, 23 Okt 2024 23:33
Banyak Berjasa ke Pesantren, Azhar Arsyad Didoakan Ribuan Santri di Wajo
Sulsel
Banyak Berjasa ke Pesantren, Azhar Arsyad Didoakan Ribuan Santri di Wajo
Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad kembali bersilaturahmi di pondok pesantren. Saat dari Luwu Raya kampanye dan menuju Kota Makassar, Azhar menyempatkan singgah di Pondok Pesantren Al Mubarak DDI (Darud Da'wah wal Irsyad) Tobarakka, Kec. Pitumpanua, Kab. Wajo, Rabu (23/10/2024).
Rabu, 23 Okt 2024 21:21
Bawaslu Sulsel Ingatkan Paslon Jangan Libatkan Anak dalam Kampanye Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Paslon Jangan Libatkan Anak dalam Kampanye Pilkada 2024
Bawaslu Sulsel mengingatkan kepada pasangan calon (Paslon) untuk tidak melibatkan anak-anak dalam kegiatan kampanye Pilgub dan Pilkada 2024. Apalagi jika sudah sampai mengarah ke hal untuk mengeksploitasi.
Rabu, 23 Okt 2024 17:59
Tim Dozer Siap Gaspol Menangkan Andalan Hati di Pilgub dan Beramal di Bone
Sulsel
Tim Dozer Siap Gaspol Menangkan Andalan Hati di Pilgub dan Beramal di Bone
Relawan Tim Dozer Bone siap gaspol untuk memenangkan paslon 02 Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) di Pilgub Sulsel dan paslon 03 Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal Pasluddin (Beramal) di Pibup Bone.
Rabu, 23 Okt 2024 17:39
Relawan Eks Gubernur Sulsel di Luwu dan Palopo Labuhkan Pilihan ke Danny-Azhar
Sulsel
Relawan Eks Gubernur Sulsel di Luwu dan Palopo Labuhkan Pilihan ke Danny-Azhar
Relawan yang ikut mengantarkan Prof. Nurdin Abdullah (NA) terpilih Gubernur Sulsel 2019 lalu, kini melabuhkan dukungan kepada Danny Pomanto - Azhar.
Rabu, 23 Okt 2024 12:38
Berita Terbaru