Sandiaga Uno Bagikan Tips Sukses jadi Digitalpreneur untuk Milenial di Makassar

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 12 Jul 2023 21:55
Sandiaga Uno Bagikan Tips Sukses jadi Digitalpreneur untuk Milenial di Makassar
Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, membagikan tips menjadi digitalpreneur sukses untuk generasi muda alias milenial di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, membagikan tips menjadi digitalpreneur sukses untuk generasi muda alias milenial di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Hal itu disampaikan di sela Pelatihan Digitalpreneurship di Bikin Bikin Creative Hub, Nipah Mall Makassar, Rabu (12/7/2023).

"Saat ini, kita harus mahir jadi digitalpreneur. Ini bagian dari kekuatan membangun ekonomi. Kemajuan teknologi sudah menghadirkan generasi baru," kata Menteri Sandiaga, pada event yang digelar Sandination itu.



Di hadapan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, Menteri Sandiaga mengajak milenial yang terjun ke dunia usaha untuk melek digital. Pemasaran harus menerapkan digital marketing dan produksi pun sudah dapat memanfaatkan teknologi, seperti kecerdasan buatan alias teknologi AI.

"Pemerintah pun kini menaruh perhatian serius terhadap digitalisasi," ucapnya.

Menteri Sandiaga pun mendorong pengembangan kesetaraan literasi digital. Didorongnya pula agar generasi muda, khususnya yang tergabung dalam Sandination untuk mengembangkan bisnis afiliasi.

"Kalian (generasi muda) juga harus mempunyai visi global. Jangan hanya lihat lokal dan nasional, tapi harus melihat global. Bagaimana cara menguasai global? Ya lewat digital," terangnya.

Dalam mencapai kesuksesan itu, Menteri Sandiaga menyebut pentingnya kerja 4 AS yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Di samping itu, juga harus mengimplementasikan 3G yakni gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber) dan garap semua potensi online (gaspol).

"Semua itu untuk merealisasikan target mendorong percepatan ekonomi dan target 4,4 juta lapangan kerja pada 2024," tegasnya.



Direktur Sandination, Reni Fitriani, menyampaikan berbagai tips yang disampaikan oleh Menteri Sandiaga telah diimplementasikan pihaknya. Semisal tips 3G disebutnya memang sangat relevan pada zaman ini.

"Gercep itu penting, generasi muda jangan menunda-nunda, harus do it now. Lalu, geber itu intinya kolaborasi dan sinergi, ya zaman sekarang kalau tidak kolaborasi susah berkembang," ucapnya.

Sedangkan untuk gaspol, kata Reni, saat ini sudah diterapkan. Pihaknya terus menggarap potensi online untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satu wujudnya melalui pemberian beasiswa.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru