Kesthuri Gelar Musda & Mukernas di Makassar, Usung Tema Kemandirian & Kesejahteraan

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 08 Agu 2023 12:56
Kesthuri Gelar Musda & Mukernas di Makassar, Usung Tema Kemandirian & Kesejahteraan
Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) akan menyelenggarakan Musda IV dan Mukernas di Kota Makassar, Provinsi Sulsel. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) akan menyelenggarakan dua event besar di Kota Makassar, Provinsi Sulsel. Masing-masing yakni Musyawarah Daerah (Musda) IV dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Hotel Four Point by Sheraton Makassar rentang 12-14 Agustus mendatang.

Ketua DPD Kesthuri Sulsel, Usman Jasad, yang juga Sekretaris Jenderal DPP Kesthuri menyampaikan Musda IV berlangsung pada 12 Agustus dan Mukernas digelar pada 13-14 Agustus. Tema dua kegiatan itu serupa yakni 'Memperkokoh Kemandirian dan Kesejahteraan Anggota Kesthuri'.



Ujas-sapaan akrabnya, menjelaskan alasan di balik pemilihan tema yang membahas kemandirian dan kesejahteraan. Sebagai organisasi perkumpulan travel haji dan umrah yang sudah lama berdiri, Kesthuri diharapkannya mampu semakin mandiri, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan anggota Kesthuri.

"Dulunya berangkat secara konsorsium, sekarang sudah bisa berangkat sendiri-sendiri. Kami mengharapkan kemandirian dapat terjaga dan semakin mandiri. Dengan kemandirian, kami mengharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota (Kesthuri) semakin baik," jelasnya.

Adapun dipilihnya Makassar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Mukernas Kesthuri, kata dia, karena Kota Daeng memiliki sejarah panjang dengan organisasi tersebut. Makassar merupakan kota pertama diadakannya Munas Kesthuri. Di samping itu, keanggotaan Kesthuri Sulsel terbilang cukup besar dan paling aktif menyelenggarakan event.

Ujas menyampaikan total ada 150 travel umrah dan haji yang akan hadir pada Mukernas Kesthuri. Pihaknya membatasi untuk peserta Mukernas hanya satu berdasarkan utusan travel. Namun, tetap membuka ruang bagi hadirnya peserta lain dari travel anggota Kesthuri sebagai penggembira.

Selain travel haji dan umrah anggota Kesthuri, pihaknya juga mengundang sejumlah mitra dari Arab Saudi, provider visa, perbankan mitra, dan asuransi. Kesthuri bahkan mengundang produsen atau owner dari pabrik perlengkapan haji dan umrah.

Selama pelaksanaan Musda dan Mukernas, terdapat sejumlah kegiatan lain yang menjadi rangkaian acara. Di antaranya diskusi publik hingga pameran UMKM serta city tour. Untuk diskusi publik akan menghadirkan Ketua DPP Kesthuri, Ketua Komisi VIII DPR RI dan Direktur Pembinaan Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag.



Lalu, untuk pameran UMKM dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan usaha mikro dan kecil di Tanah Air. Sedangkan untuk city tour dilaksanakan dengan mengajak peserta Mukernas berkeliling objek wisata dan keunikan Kota Makassar.

Ketua Panitia Musda IV Kesthuri, Muh Ramli, menyampaikan persiapan Musda maupun Mukernas sudah hampir semuanya rampung. Untuk Musda akan dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Sulsel dan Mukernas dibuka oleh Sekjen Kemenag. Adapun tema disebutnya fokus membahas kemandirian dan kesejahteraan.

"Sampai saat ini persiapan yang sudah sudah dilakukan hampirnya semuanya rampung. Mulai persiapan tempat hingga apa yang dibutuhkan peserta. Ya, sejauh ini tidak ada halangan dan berjalan lancar," tukasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru