Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Maros Mulai Dibuka Senin Besok

Najmi S Limonu
Minggu, 10 Sep 2023 20:36
Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Maros Mulai Dibuka Senin Besok
Pendaftaran seleksi calon pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Maros mulai dibuka, Senin (11/9/2023). Foto/Dok Baznas
Comment
Share
MAKASSAR - Pendaftaran seleksi calon pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Maros mulai dibuka, Senin (11/9/2023).

Seleksi calon pimpinan (capim) Baznas Maros ini didasari Surat Ketua Baznas RI Nomor : B/2836/BPR-BHKL/KETUA/KD.02.05/VI/2023, tanggal 16 Juni 2023, perihal himbauan berakhir masa kerja pimpinan Baznas Kabupaten Maros 2019-2024.

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) Baznas Kabupaten Maros, Amiruddin, mengatakan proses seleksi Capim Baznas ini dilakukan karena masa kerja pimpinan Baznas Maros akan berakhir.

"Jadi memang jabatan pimpinan Baznas Maros akan berakhir 1 Maret 2024. Makanya kita mulai membuka seleksi berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Maros Nomor 960/KPTS/400/VIII/2023 tentang pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Baznas Maros Periode 2024-2029," jelasnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Maros ini juga menjelaskan kalau ada beberapa persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi pendaftar.

"Untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi itu diantaranya berusia paling sedikit 40 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, tidak merangkap jabatan sebagai pengurus dan atau pegawai pengelola zakat," jelasnya.

Dia juga mengatakan, kalau proses seleksi Capim Baznas Maros akan dilakukan melalui tiga tahapan seleksi. Pertama seleksi administrasi, kedua uji kompetensi dan tahap ketiga wawancara. "Pengumuman seleksi dan pendaftaran akan mulai dibuka Senin, 11 September hingga 6 November mendatang," sebutnya.

Dia menjelaskan, kalau calon pimpinan Baznas Maros yang akan dipilih dan diusulkan ke Badan Pertimbangan Baznas pusat berjumlah 10 orang yang akan mengikuti verifikasi faktual. Dan akan dinyatakan lulus sebanyak lima orang untuk mendapatkan rekomendasi menjadi pimpinan Baznas Maros.

"Kalau pendaftar dianggap belum memenuhi jumlah yang dibutuhkan atau belum memenuhi kuota maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran. Dimulai 7 November hingga 25 November mendatang," kata mantan Kepala DLH Maros ini.

Selanjutnya seleksi administrasi dilakukan 26 November hingga 6 Desember mendatang. Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 7 Desember mendatang.

Sementara seleksi uji kompetensi, tes tertulis dan persentase makalah dilakukan 8 Desember sampai 20 Desember. "Dilanjutkan pengumuman seleksi pada tanggal 21 Desember," katanya.

Dia menambahkan kalau seleksi wawancara tanggal 22 Desember hingga 5 Januari 2024 dan pengumuman hasil wawancara 8 Januari 2024.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru