Dakwah Berbasis Media Sosial jadi Program Andalan Bakomubin

Tim Sindomakassar
Minggu, 05 Mar 2023 08:24
Dakwah Berbasis Media Sosial jadi Program Andalan Bakomubin
Suasana rapat pleno Dewan Pimpinan Wilayah Badan Koordinasi Mubalig Indonesia Sulawesi Selatan (DPW Bakomubin Sulsel). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Dewan Pimpinan Wilayah Badan Koordinasi Mubalig Indonesia Sulawesi Selatan (DPW Bakomubin Sulsel), menjadikan dakwah berbasis Media Sosial (Medsos) sebagai selah program andalan.

Hal ini terungkap pada Rapat pleno DPW Bakomubin Sulsel, di puncak Bollangi Sabtu (4/3/2023) siang. Penekanan dakwah berbasis medsos, melalui instagram, facebook, youtube, tik tok, lebih pada menjawab tantangan zaman. Di mana generasi kekinian, milenial dan generasi Z, lebih banyak mendengarkan dakwah melalui saluran media sosial.



"Sehingga para mubalig juga perlu mengambil langkah cerdas dalam menjawab tuntutan zaman tersebut," kata Ketua DPW Bakomubin Abu Bakar Wasahua saat membuka kegiatan itu.

Pada rapat pleno tersebut, dia menyebutkan tiga item konsolidasi, yakni konsolidasi organisasi, program kerja dan pencitraan.

Terkait konsolidasi organisasi, Bakomubin akan membentuk DPD se-kabupaten/kota, memandatir koordinator wilayah dan melakukan kunjungan berkala di kabupaten/kota.

Untuk konsolidasi program cerdas, Bakomubin sepakat melakukan pelatihan mubalig bela negara, refreshing mubalig dan pelatihan mubalighat.

"Pelatihan mubalighat ini amat penting, mengingat sudah banyak yang tua dan sakit, sehingga dibutuhkan regenerasi yang lebih fresh bagi kelanjutan dakwah kita, terutama kepada kelompok majelis taklim," ujar Abu Bakar.

Adapun konsolidasi pencitraan, lebih menekankan pada bagaimana Bakomubin bisa mengembangkan dakwah melalui medsos. Selain untuk kepentingan dakwah juga bagaimana mubalig dapat mensosialisasikan tupoksi Bakomubin sebagai mediator dan distributor para mubalig.



Selain itu, pihaknya juga akan membangun silaturahmi dengan ormas-ormas Islam, mengunjungi masjid-masjid sektoral di bawah penguasaan negara, seperti masjid Telkom, masjid PLN, Pertamina, dan lainnya.

Pada intinya, kata dia, Bakomubin diharapkan mampu membangun image positif di masyarakat yang bekerja dari umat untuk umat.

"Terutama karena kita akan memasuki bulan suci Ramadan, tuntutan kualitas mubalig sangat urgen bagi pengembangan masyarakat di tengah era digital," jelas Abu Bakar.
(GUS)
Berita Terbaru