PPIH Embarkasi dan Debarkasi Makassar Dilantik 22 April 2024

Agus Nyomba
Kamis, 18 Apr 2024 18:40
PPIH Embarkasi dan Debarkasi Makassar Dilantik 22 April 2024
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel, Ikbal Ismail saat memberikan Bimbingan Manasik Haji Reguler tingkat Kabupaten Jeneponto. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar Tahun 1445 H/2024 M, bakal dilantik pada Senin, (22/04/2024).

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Ikbal Ismail mengatakan, pelantikan ini langsung dilakukan oleh Irjen Kemeng.



"Pelantikan nanti tanggal 22 April, Ketua Embarkasi Makassar kepala Kakanwil Kemenag Sulsel, Muhammad Tonang," kata dia saat dihubungi SINDO Makassar, Kamis, (18/04/2024).

Dirinya menjelaskan, saat ini persiapan pemberangkatan calon jemaah haji di Sulsel terus dilakukan. Saat ini, sudah pada urusan paspor dan biometrik calon jemaah.

"Selain itu, koper untuk calon jemaah juga sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota termasuk buku manasik haji," katanya.

Diketahui, Jumlah calon jemaah haji di Sulawesi Selatan jumlah mencapai 7.813. Data ini sudah termasuk CJH mutasi sementara CJH yang lewat Embarkasi Makassar 16.364 orang, tidak termasuk petugas dengan 31 kloter, dan pemberangkatan pertama dilakukan 12 Mei 2024.



Ikbal menjelaskan, untuk sarana dan prasarana di Asrama Haji Sudiang sudah dipersiapkan dengan baik. Bahkan kata dia, sudah siap digunakan karena memang setiap tahun ditempati oleh calon jemaah haji.

"Hanya saja memang harus diperketat lagi untuk para pengunjung yang mendampingi calon jemaah haji," katanya.

Untuk pemberangkatan pertama nanti, kloter 1 akan diisi dari jemaah Kota Makassar sekitar 400 orang. Sehari sebelumnya sudah masuk asrama. "Karena biasanya CJH itu hanya tinggal sekitar 1x24 di asrama haji sebelum berangkat," ungkapnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru