Cara Srikandi PLN Icon Plus Rayakan Hari Kartini: Bantu 'Pejuang' Wanita hingga Lomba Masak

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 21 Apr 2024 21:33
Cara Srikandi PLN Icon Plus Rayakan Hari Kartini: Bantu 'Pejuang' Wanita hingga Lomba Masak
Pimpinan dan karyawan PLN Icon Plus SBU Sulawesi dan IBT berfoto bersama di sela acara lomba kreasi makanan sehat spesial Hari Kartini memakai kompor induksi. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Srikandi PLN Icon Plus SBU Sulawesi dan IBT merayakan Hari Kartini dengan segudang aksi positif. Mulai dari Srikandi Mengajar hingga lomba kreasi makanan sehat memakai kompor induksi.

Total ada lima kegiatan yang diselenggarakan untuk mengenang jasa RA Kartini, yang telah berhasil meningkatkan status sosial perempuan.

Salah satunya ialah kegiatan Srikandi Bertalenta berupa Pelatihan Public Speaking dan Personal Branding dengan tema ‘Pancarkan Kualitas Diri, Kuasai Komunikasi’ dengan pemateri Ricca Nourma. Kegiatan ini digelar secara hybrid, yang diikuti karyawan se-Indonesia.

Dilanjutkan lomba kreasi makanan sehat spesial Hari Kartini, dengan menggunakan kompor induksi. Kedua kegiatan ini dilaksanakan di Kantor PLN Icon Plus Jalan Ratulangi, Kota Makassar, akhir pekan lalu.

"Kami melaksanakan cukup banyak rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kartini. Totalnya ada sekitar lima kegiatan, mulai dari mengajar dan memberikan bantuan laptop ke sekolah, menyapa pelanggan setia yang juga wanita hingga membantu pejuang wanita serta ada Srikandi Bertalenta dan lomba memasak kreasi makanan sehat," ungkap Senior Manager SBU Sulawesi dan IBT, Rizky Ardiana Bayuwerti.

Hari Kartini, ia menegaskan merupakan momentum membuktikan emansipasi perempuan. Saat ini, tidak ada lagi batasan bagi kaum Hawa untuk berkarya. Kuncinya, ada pada pribadi perempuan itu agar terus belajar dan berikhtiar. Didorongnya agar terus membekali diri dengan knowledge dan skill.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, memberikan apresiasi kepada PLN Icon Plus SBU Sulawesi dan IBT yang menginisiasi kegiatan peringatan Hari Kartini, seperti Srikandi Bertalenta. Hal itu menunjukkan komitmen untuk terus berkontribusi meningkatkan SDM, termasuk terus menambah wawasan dan keterampilan yang berguna bagi diri, perusahaan, dan masyarakat.

"Ya apresiasi untuk Ibu Kiki (Rizky) dan tim yang terus berupaya berkontribusi meningkatkan SDM. Ini event yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri," ungkapnya.

Ia menegaskan PLN berkomitmen memberikan peluang yang sama, baik itu pria maupun wanita untuk berkarya. Meski dulu image PLN sangat maskulin, tapi saat ini semakin banyak perempuan yang bekerja di perusahaan listrik milik negara. Bahkan, tidak sedikit yang telah menempati posisi strategis.

Ketua Srikandi PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati, menambahkan PLN merupakan perusahaan yang mengakui dan mendukung eksistensi perempuan. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya Kaum Hawa yang kini bekerja di PLN.

Untuk PLN Icon Plus, jumlah pegawai perempuan mencapai 257 orang dari total 901 pegawai. Artinya ada 28,5 persen pegawai PLN Icon Plus yang merupakan perempuan dan jumlah itu sudah di atas standar, dimana perusahaan diminta memiliki kuota 20 persen pegawai perempuan.

Cara Srikandi PLN Icon Plus Rayakan Hari Kartini: Bantu 'Pejuang' Wanita hingga Lomba Masak

Sebelumnya, PLN Icon Plus SBU Sulawesi dan IBT juga sukses menggelar Srikandi Mengajar di SMK Kartika XX-1 Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu (17/4/2024).

Senior Manager SBU Sulawesi dan IBT, Rizky Ardiana Bayuwerti, hadir langsung membawakan materi kepada puluhan siswa kelas 2. Ia menjelaskan lewat Srikandi Mengajar, pihaknya memberikan pemahaman kepada siswa untuk bisa menyiapkan diri menghadapi masa depan.

Selain mengajar, Srikandi PLN juga turut menyerahkan laptop kepada pihak sekolah. Nantinya, laptop tersebut bakal digunakan untuk menunjang pembelajaran di SMK Kartika XX-1 Makassar.

Masih dalam rangkaian Hari Kartini, Srikandi PLN Icon Plus juga turut mengunjungi pelanggan perempuan pengguna Iconnet di Jalan Meranti Makassar. Para Srikandi PLN Icon Plus memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah menggunakan Iconnet.

Lebih dari itu, Srikandi PLN Icon Plus juga mengunjungi dan memberikan bantuan kepada sosok Kartini masa kini bernama Sari. Sari merupakan warga lorong 1 Kampung Kodok, Kelurahan Bulogading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Sari yang single parent sehari-hari bekerja sebagai pemulung untuk digunakan biaya makan dan menyekolahkan anak.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru