Hari Ini, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Berganti

Agus Nyomba
Jum'at, 17 Mei 2024 00:43
Hari Ini, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Berganti
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Pucuk pimpinan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dinahkodai Bakhtiar Baharuddin berganti, rencana pelantikan orang nomor satu di Sulsel ini digelar Sasana Bakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jumat, (17/05/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Bahtian Baharuddin dikabarkan bakal digantikan oleh Prof Zudan Arif Fakrulloh yang sebelumnya menjabat Pj Gubernur Sulawesi Barat.



Pergantian ini menjadi tantangan baru untuk Prof Zudan yang juga merupakan Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Di Provinsi Sulbar, Prof Zudan berhasil menorehkan sejumlah prestasi. Selama setahun kepemimpinannya ia berhasil meraih 25 penghargaan secara keseluruhan.

Isu pergantian Pj Gubernur Sulsel ini sudah sepekan terakhir bergulir bahkan, Bahtiar Baharuddin dikabarkan akan menjabat sebagai Pj Gubernur Gorontalo. Sementara Prof Zudan sendiri baru menyelesaikan masa tugasnya di Provinsi Sulawesi Barat sebelum kembali ke Jakarta untuk menjalankan tugasnya di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Rencana pelantikan Pj Gubernur ini ditandai dengan terbitnya surat undangan dari Kementerian Dalam Negeri terkait dengan rencana pelantikan empat Penjabat Gubernur yakni, Penjabat Gubernur Maluku Utara, Sulbar, Sulawesi Selatan dan Gorontalo yang diterbitkan pada Kamis, (16/05/2025) di Jakarta.

Agenda pelantikan ini mengundang seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Dalam Negeri, dan langsung ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Komjen Pol Tomsi Tohir.

Rencana pelantikan ini juga disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Humas Diskominfo-SP Sulsel, Fitra. Ia membenarkan terkait rencana dan undangan pelantikan Pj Gubernur Sulsel yang baru akan digelar di Jakarta, Jumat, (16/05/2024).

"Malam ini (kemarin) Pj Gubernur Sulsel (Bahtiar Baharuddin) ke Jakarta, mengenai rotasi kita tunggu saja resmi dari Kapuspen Kemendagri," kata dia saat dikonfirmasi SINDO Makassar, Kamis, (15/05/2024).



Fitra menjelaskan, keberangkatan Pj Gubernur Sulsel ke Jakarta ditemani sejumlah pejabat teras Pemprov Sulsel. "Beliau ke Jakarta didampingi oleh Pj sekda Provinsi," jelasnya.

Sekedar diketahui Bahtiar dilantik menjadi Pj Gubernur Sulsel oleh Mendagri Tito Karnavian pada Selasa (5/9/2023). Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini menggantikan Andi Sudirman Sulaiman yang habis masa jabatannya.

Sementara Prof Zudan Arif sempat dilantik menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) di Gedung Kemendagri, Jakarta pada Jumat (12/5/2023). Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri ini menggantikan Ali Baal Masdar, dan bertugas di Sulbar selama setahun sebelum kembali ke Jakarta.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru