Pemimpin Qatar Turut Berduka Atas Kematian Presiden Iran Karena Kecelakaan

Agus Nyomba
Senin, 20 Mei 2024 15:07
Pemimpin Qatar Turut Berduka Atas Kematian Presiden Iran Karena Kecelakaan
Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani. Foto: Istimewa
Comment
Share
TEHERAN - Para pemimpin Qatar atau Emir Qatar turut menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan rakyat Republik Islam Iran atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raeisi dan Menteri Luar Negeri Iran dalam insiden jatuhnya helikopter.

“Saya menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan rakyat Republik Islam Iran atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raeisi dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian, serta para pejabat yang mendampingi dalam insiden menyakitkan jatuhnya helikopter tersebut,” kata Tamim bin Hamad Al Thani, yang merupakan Emir Qatar dilansir dari Mehr News Agency.



Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed al-Ansar menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas insiden tersebut dan berdoa untuk kesejahteraan presiden Iran dan delegasi yang mendampinginya.

Ia juga mengumumkan kesiapan pemerintah Qatar untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

Presiden Iran Ebrahim Raeisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian tewas dalam kecelakaan helikopter di provinsi barat laut Azarbaijan Timur.

Helikopter yang membawa Presiden Raeisi dan delegasi pendampingnya jatuh pada hari Minggu di hutan Dizmar, terletak di antara kota Varzaqan dan Jolfa di Provinsi Azarbaijan Timur.



Pesawat tersebut mengangkut Raeisi, Amir-Abdollahian, Gubernur Azarbaijan Timur Malek Rahmati, pemimpin Sholat Jumat kota Tabriz Seyyed Mohammad Ali Al-e Hashem, dan anggota tim pengawal presiden Mahdi Mousavi. Pilot, co-pilot, dan awak helikopter juga berada di dalam helikopter tersebut.

Presiden Raeisi dan delegasi pendampingnya kembali dari upacara peresmian bendungan di Sungai Aras bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru