UC Makassar Perkenalkan Konsep Kewirausahaan ke Siswa SMA 1 Gowa

Tim Sindomakassar
Rabu, 22 Mei 2024 17:43
UC Makassar Perkenalkan Konsep Kewirausahaan ke Siswa SMA 1 Gowa
Universitas Ciputra Makassar (UC Makassar) menggelar program Social Impact Challenge (SIC) di SMA 1 Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa
Comment
Share
GOWA - Universitas Ciputra Makassar (UC Makassar) menggelar program Social Impact Challenge (SIC), sebuah inisiatif pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan memberikan dampak dan kontribusi positif di wilayah setempat.

Program ini diadakan di SMA Negeri 1 Gowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dan melibatkan 10 mahasiswa UC Makassar yang dipimpin oleh Alicia Stephanie Gunawan.



Para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Alicia Stephanie Gunawan (Ketua Tim), Ermawati Atika S., Emeline Aime Kandiawan, Gwyneth Rachel Sentosa, Michelle Thalia Sawitto, Netha Eliana Calysta, Shecilia Putri Findani, Vanessa Chandra, Evelyn, dan Mahesha Al Mubarak. Mereka dibimbing oleh Dr Monalisa, Dosen UC Makassar yang bertugas mengawasi jalannya program SIC.

Program pengabdian masyarakat kali ini difokuskan pada pemberian materi kewirausahaan, termasuk teori efektuasi dengan topik utama "Lemonade Principle", serta workshop Business Model Canvas (BMC) kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Gowa.

Materi ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep kewirausahaan yang relevan dan praktis kepada para pelajar.

Saat ini, kewirausahaan telah menjadi bagian penting dalam masyarakat, berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Namun, banyak pelaku usaha yang menghadapi berbagai tantangan yang mengancam kelangsungan bisnis mereka.

Oleh karena itu, mahasiswa UC Makassar mengusung tema "Sour to Sweet: Mengubah Masalah Menjadi Peluang yang Menguntungkan Dengan Lemonade Principle" untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai cara mengatasi tantangan tersebut.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para guru dan siswa di SMA Negeri 1 Gowa. Mahasiswa UC Makassar mengajar di 9 kelas untuk siswa kelas 11 dari jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Para pelajar tampak sangat tertarik dengan materi yang disampaikan dan bersemangat saat mengerjakan Business Model Canvas.

St Hasnah, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gowa, mengapresiasi program ini. "Saya rasa program SIC Universitas Ciputra Makassar merupakan suatu program yang baik dan dapat membantu siswa-siswi SMA Negeri 1 Gowa lebih memahami mengenai kewirausahaan," ujarnya.

"Anak-anak sangat tertarik dengan materi yang dibawakan tim ini. Dua jempol dari saya, mantap pol!," katanya lagi.



Alicia, selaku Ketua Tim, berharap program ini dapat memberikan wawasan baru kepada para pelajar. "Mereka di sekolah diajarkan mata pelajaran kewirausahaan, dan karena UC Makassar terkenal dengan entrepreneurship, kami berusaha membawa materi yang telah kami pelajari selama berkuliah. Kami juga berusaha meringkas dan membawakan materi ini dengan pembawaan yang menarik dan seru agar para pelajar tidak bosan," tutur Alicia.

Lebih lanjut, Alicia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan tantangan tersendiri bagi timnya dalam mengajar karena ini adalah pengalaman pertama mereka dalam melakukan brainstorming kepada pelajar.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berdampak positif tidak hanya bagi para pelajar tapi juga bagi para mahasiswa yang menjalankan kegiatan abdimas ini," tambahnya.

Dengan program Social Impact Challenge ini, Universitas Ciputra Makassar terus berkomitmen dalam mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru