Grand Final South Sulawesi Music Festival 2024 Digelar Malam Ini

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 25 Mei 2024 10:51
Grand Final South Sulawesi Music Festival 2024 Digelar Malam Ini
Ketua Pappri Sulsel Ilham Arief Sirajuddin saat memberikan keterangan mengenai rangkaian tahapan pelaksanaan South Sulawesi Music Festival 2024. Foto/Dok SINDO Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Sebanyak 13 band dan 13 penyanyi berkompetisi pada event akbar South Sulawesi Music Festival 2024 di Anjungan City of Makassar Pantai Losari, Jumat-Sabtu (24-25/5/2024). Pada hari pertama adalah babak semifinal dan hari kedua alias malam ini memasuki babak grand final.

South Sulawesi Music Festival 2024 merupakan event yang digelar oleh Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri) Sulsel, di bawah komando Ilham Arief Sirajuddin alias IAS. Pappri adalah organisasi profesi yang menaungi pelaku musik tanah air.

Sekretaris Pappri, Gyant Hidayah, sekaligus salah satu juri festival menyampaikan, tujuan pelaksanaan event ini bukan sekadar melahirkan talenta atau bintang baru di bidang musik, tapi harus mampu dikembangkan ke level yang lebih tinggi.

Selain itu, lewat kegiatan ini, pengurus provinsi Pappri ingin mendistribusikan informasi dan edukasi kepada seluruh pengurus kabupaten/kota. Toh itulah yang menjadi tugas Pappri untuk mengurus artis dan para pelaku musik di tanah air agar menjadi lebih baik dan berkembang.

"Yang paling penting dan harus digaris-bawahi, event ini dibuat bukan sekadar untuk mencari juara. Tapi setelah juara, what next? Juaranya akan kami jadikan artis di kampung sendiri, jadi dari lokal menasional. Selama ini kan banyak yang berpikir kalau mau jadi artis harus ikut idol, nah kami mau lahir dari rahim Kota Makassar," kata Gyant Hidayah.

Sekadar diketahui, festival musik ini menjaring talenta musik dari berbagai daerah lingkup Sulsel lewat kompetisi online pada November 2023. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui peserta. Setelahnya, mereka yang terpilih harus mengikuti coaching clinic dan music workshop pada Februari 2024.

Dalam berbagai tahapan itu, Ketua Pappri Sulsel Ilham Arief Sirajuddin dan ketua panitia sekaligus maestro Jazz Andi Tadampali senantiasa hadir memberikan semangat dan motivasi.

Dalam dua hari terakhir, para peserta dari kategori band dan penyanyi beradu menunjukkan performa terbaiknya. Mereka akan dinilai oleh juri bintang tamu yakni Agus Wisman (penyanyi Elfa's Singers) dan sejumlah juri lainnya yakni Ismy X Factor, Alex Tampi dan Bur Ago. Event ini juga akan diisi hiburan dengan penampilan Mutiara (juara nasional PMC) dan Gibran X Factor.

Lewat South Sulawesi Music Festival 2024, IAS sebelumnya menyebut Pappri Sulsel ingin menyiapkan talenta lokal musik berkualitas. Pihaknya ingin melahirkan musisi hebat dan berkualitas dari organisasi, bukan hanya lewat ajang pencarian bakat di televisi. "Ya, kami mau lewat organisasi. Jadi kalau ada kompetisi nasional, kita selalu punya stok untuk didorong," ujar IAS.

IAS menyebut lewat kegiatan ini, Pappri Sulsel menunjukkan komitmen untuk membangun ekosistem musik. Toh, salah satu pilarnya adalah menggelar kompetisi untuk mengembangkan potensi seniman. Nah, lewat kompetisi, karya seni musik itu juga bisa diukur. Persoalannya, beberapa waktu terakhir jarang ada kompetisi musik yang dapat menghasilkan legacy, karena butuh tenaga dan biaya besar.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru