Vihara Girinaga Siap Gelar Perayaan Waisak Terbesar di Sulsel, Bakal Cetak 2 Rekor MURI

Tri Yari Kurniawan
Senin, 27 Mei 2024 21:27
Vihara Girinaga Siap Gelar Perayaan Waisak Terbesar di Sulsel, Bakal Cetak 2 Rekor MURI
Vihara Girinaga siap menggelar puncak perayaan Waisak terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Vesak Goes to Mall di TSM Makassar. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Vihara Girinaga siap menggelar puncak perayaan Waisak terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Uniknya, rangkaian kegiatan dilaksanakan di mal, tepatnya di Trans Studio Mall (TSM) Makassar dan bakal mencetak dua rekor Museum Rekor Indonesia alias MURI.

Puncak perayaan Waisak tahun ini bertema Vesak Goes to Mall, yang terdiri atas 40-45 mata acara rentang 30 Mei hingga 2 Juni 2024. Untuk dua agenda pemecahan rekor MURI yakni patung Buddha setinggi 15 meter dalam mal dan menghias tas daur ulang dengan peserta pelajar terbanyak.

Ketua Vihara Girinaga, Roy Ruslim, menyampaikan 40-45 mata acara yang disusun sebagai rangkaian perayaan Waisak terbagi atas kegiatan seni dan budaya. Dua event di antaranya disiapkan untuk memecahkan rekor MURI, dimana persiapannya sudah mantap.

Untuk patung Buddha, materialnya sudah tiba dan siap untuk disusun. Sedangkan untuk lomba menghias tas daur ulang, pesertanya pun sudah melampaui target. Dari target awal 500 peserta, sampai kini sudah 527 pendaftar. Pihaknya memang membuka secara umum pendaftaran, tak harus pelajar Buddhis.

"Ya memang ada dua kegiatan yang kita rencanakan masuk rekor MURI. Pertama, patung Buddha setinggi 15 meter dan menghias tas daur ulang dengan peserta pelajar terbanyak. Sejauh ini, persiapan lancar dan yang mendaftar sudah melebihi target," katanya.

Selama empat hari kegiatan, Vihara Girinaga akan menampilkan kegiatan edukasi dan budaya Buddha yang terkadang kurang diketahui oleh masyarakat umum. Mulai dari tari-tarian yang menggambarkan riwayat hidup Buddha Gautama hingga tarian seribu tangan Dewi Kwan Im.

Ketua Sekolah Minggu Buddhis Vihara Girinaga (SMBVG), Wandi, mengaku senang karena ikut dilibatkan dalam rangkaian puncak perayaan Waisak pada tahun ini. SMBVG akan menampilkan paduan suara dengan peserta terbanyak mencapai 250 pelajar. Pihaknya juga ikut mempersiapkan salah satu agenda rekor MURI yakni menghias tas daur ulang.

Ketua panitia Vesak Goes to Mall, Joqy, menyampaikan Vesak Goes to Mall bakal menjadi puncak perayaan Waisak terbesar. Bukan hanya di Kota Makassar tapi lingkup Provinsi Sulsel. Rangkaian kegiatan yang mencapai puluhan menjadi ajang edukasi ke ruang publik seputar seni dan budaya Buddhis.

Ketua Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI) Sulsel, Erdy Wijaya, mewakili KCBI dan Walubi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Vesak Goes to Mall. Rangkaian kegiatan event ini merupakan wujud keberagaman yang menyatu.

"Tentunya sangat mendukung acara ini. Kita bisa melihat keberagaman yang menyatu, satu dalam kemanusiaan. Ini penampilan luar biasa, ini akan menjadi perayaan Waisak terbesar di Sulsel, bukan hanya di Makassar," kata dia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru