Semarak Vesak Goes to Mall Tuai Apresiasi, Bangun Kebersamaan Umat Beragama

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 30 Mei 2024 22:15
Semarak Vesak Goes to Mall Tuai Apresiasi, Bangun Kebersamaan Umat Beragama
Suasana pembuka Vesak Goes to Mall yang diselenggarakan Vihara Girinaga di Trans Studio Mall (TSM) Makassar pada 30 Mei - 2 Juni 2024. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Gelaran Vesak Goes to Mall yang diselenggarakan Vihara Girinaga di Trans Studio Mall (TSM) Makassar resmi dimulai. Selama empat hari rentang Kamis-Minggu (30 Mei-1 Juni 2024), puluhan mata acara bakal dilaksanakan, termasuk mencetak dua rekor MURI.

Semarak pelaksanaan Vesak Goes to Mall ini pun menuai apresiasi dari berbagai pihak, seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel. Hal itu pun diutarakan oleh Asisten III Pemkot Makassar Andi Irwan Bangsawan dan Kepala Kemanag Sulsel Muhammad Tonang saat pembukaan kegiatan.

Irwan menyebut Vesak Goes to Mall memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat, bukan hanya umat Buddha. Lewat kegiatan ini, ada banyak kegiatan menghibur, khususnya berkaitan seni dan budaya. Nah, pelaksanaan di mal terbesar di Kota Makassar membuat semua masyarakat bisa menikmati.

"Kegiatan ini memberikan hal positif, termasuk ada seni dan budaya. Dilaksanakan di mal terbesar dan memberikan dampak baik. Kegiatan ini membangun kebersamaan seluruh umat beragama. Terima kasih Vihara Girinaga yang telah memberikan hal luar biasa ini," kata Irwan.

Sementara itu, Tonang menyambut baik pelaksanaan puncak perayaan Waisak terbesar di Sulsel. Kemenag ikut merayakan suka cita umat Buddha. Ia pun mengajak seluruh umat beragama, termasuk umat Buddha senantiasa menebarkan kedamaian dan kebahagiaan.

"Malam ini, saya berbahagia menyaksikan perayaan Waisak. Bagi kami dari Kemenag, ini bagian dari suka cita," tuturnya.

Ketua DPD Walubi Sulsel, Henry Sumitomo, menyampaikan puncak perayaan Waisak pada tahun ini memiliki konsep yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, Vihara Girinaga membawa konsep baru berupa edukasi untuk mengenalkan kultur budaya Buddhis kepada semua kalangan lewat Vesak Goes to Mall.

"Perayaan Waisak kali ini berbeda konsepnya dengan yang lalu. Vihara Girinaga ingin membagikan kultur budaya Buddhis. Mari mendukung dan memeriahkan acara ini, sekaligus menikmati rangkaian acara," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Vihara Girinaga, Roy Ruslim, menyampaikan pelaksanaan Vesak Goes to Mall merupakan upaya pihaknya untuk lebih mengenalkan lagi seni dan budaya Buddhis kepada masyarakat secara luas. Pihaknya berkomitmen turut andil dalam membangun bangsa dan negara lewat ragam kegiatan positif, termasuk menebar kedamaian.

"Kami harapkan kegiatan ini menjadi sarana edukasi seni dan budaya Buddhis, yang mampu ikut berkontribusi membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Roy sebelumnya juga telah menjelaskan ada 40-45 mata acara yang disusun sebagai rangkaian perayaan Waisak terbagi atas kegiatan seni dan budaya. Dua event di antaranya disiapkan untuk mencetak rekor MURI, dimana persiapannya sudah mantap.

Adapun dua agenda untuk rekor MURI yakni patung Buddha setinggi 15 meter dalam mal dan menghias tas daur ulang dengan peserta pelajar terbanyak.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru