Konjen AS & Kalla Institute Kerja Sama Hadirkan American Corner

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 24 Jul 2024 16:56
Konjen AS & Kalla Institute Kerja Sama Hadirkan American Corner
Konjen AS dan Kalla Institute menjalin kerja sama untuk menghadirkan American Corner di Bikin Bikin Creative Hub, lantai 4 Nipah Mall Makassar, Rabu (24/7/2024). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) dan Kalla Institute menjalin kerja sama untuk menghadirkan American Corner di Bikin Bikin Creative Hub, lantai 4 Nipah Mall Makassar, Rabu (24/7/2024). Rencananya, American Corner bakal diresmikan akhir tahun ini.

Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU itu dilakukan langsung oleh Konjen AS di Surabaya Christopher Green dan Rektor Kalla Institute Syamril. Turut hadir Ketua Yayasan Hadji Kalla Fatimah Kalla dan CEO Kalla Solihin Jusuf Kalla.

Christopher mengatakan kehadiran pihaknya merupakan wujud komitmen untuk memperkuat hubungan dan pertukaran budaya antara Amerika Serikat dan Indonesia, khususnya di Indonesia Timur.

Pada kesempatan itu, ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak KALLA terkait dukungan menghadirkan American Corner. Nipah Mall dan Bikin Bikin Creative Hub merupakan lokasi ideal untuk American Corner.

Ia menjabarkan ada banyak program yang bisa ditawarkan pihaknya melalui American Corner. “Mulai dari pertukaran pemuda, program pemberdayaan ekonomi masyarakat, hingga konsultasi pendidikan di Amerika Serikat. Semua layanan ini tersedia untuk masyarakat umum secara gratis,” katanya.

Di Makassar, ia mengaku bangga karena banyak alumni program pertukaran AS yang telah banyak berkontribusi bagi masyarakat setempat. Dirinya berharap ke depan, para alumni ini dapat terlibat lebih aktif dalam berbagai kegiatan dan inisiatif yang dijalankan oleh American Corner.

Ketua Yayasan Hadji Kalla, Fatimah Kalla, menyampaikan kerja sama yang terbangun untuk menghadirkan American Corner di Nipah Mall merupakan tindak lanjut atas pertemuan, beberapa waktu lalu. Kehadiran American Corner akan memberikan banyak benefit.

Selama ini, pusat informasi terkadang dihadirkan di kampus, dengan tujuan menyasar mahasiswa. Nah, masyarakat umum terkadang segan. Berbeda jika dibuka di pusat keramaian, seperti Bikin Bikin Creative Hub, Nipah Mall.

“Ini kan menjadi tempat banyak mahasiswa berkumpul untuk belajar dan banyak juga pengusaha muda yang datang membuat perencanaan,” ujarnya.

Fatimah berharap kerja sama ini berjalan lancar dan American Corner telah tersedia pada akhir tahun. Rencananya, peresmian American Corner dilaksanakan Desember 2024, bertepatan dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru