Alumni Smansa '84 Gelar Turnamen Domino Berhadiah Rp84 Juta, Terbuka untuk Umum

Luqman Zainuddin
Minggu, 18 Agu 2024 22:00
Alumni Smansa '84 Gelar Turnamen Domino Berhadiah Rp84 Juta, Terbuka untuk Umum
Press conference Domino Open Tournament 2024. Ajang yang diselenggarakan Smansa Makassar Angkatan 84 ini menyiapkan hadiah total hingga Rp84 juta. Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Alumni SMAN 1 Makassar Angkatan 1984 atau Smansa 84 menggelar Domino Open Tournament 2024. Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang disiapkan total mencapai Rp84 juta.

Ketua Panitia Irzal Nur menyampaikan, Turnamen Domino Terbuka ini akan berlangsung pada tanggal 8 dan 9 September 2024. Pelataran SMAN 1 Makassar akan menjadi venue pertandingan.

Irzal bilang, turnamen ini terbuka untuk umum. Siapapun boleh mendaftar, baik dari Kota Makassar atau yang berasal dari daerah lain di Indonesia.

"Alumni Smansa 84 hanya panitia. Jadi ini turnamen open. Semua bisa ikut," ucap Irzal saat konferensi pers di daerah Todopuli, Kota Makassar, Minggu (18/8/2024) sore.

Namun demikian, khusus bagi atlet domino, harus mengantongi rekomendasi dari federasi tempatnya bernaung ketika mendaftar. Syarat lainnya, juga harus memperlihatkan kartu tanda keanggotaan (KTA).



Irzal bercerita, ide turnamen ini berangkat dari perjumpaannya dengan teman seangkatan sekolah dulu. Dari perjumpaan itu, mereka ternyata punya satu hobi yang sama, bermain domino.

Lambat laun, ketika hendak bertemu, domino tersebut-lah yang menjadi alasan. Dari situ, satu-persatu teman angkatannya ketika sekolah dulu mulai bermunculan.

"Awalnya sudah tidak pernah ketemu, pas ketemu ternyata hampir tiap hari main domi. Teman-teman yang sekarang jadi dokter dan pengusaha juga ikut. Kami selalu punya waktu, baik itu weekend dan hari kerja," sambung Irzal.

"Kami lalu punya ide membuat kompetisi ini. Dasarnya sebenarnya mau mengkampanyekan bahwa domi ini bukan hanya hobi, namun (memicu) keakraban, bisa mempertemukan kami yang tidak pernah ketemu," sambung dia lagi.

Di sisi lain, Alumni Smansa 84 Makassar juga ingin menjadikan turnamen ini sebagai ajang sosialisasi. Bahwa domino bukanlah judi. Melainkan olahraga yang memiliki sisi-sisi positif.



Dalam turnamen ini, panitia kata Irzal menggandeng Pordi Sulsel dan Kota Makassar. Panitia juga sudah sowan ke Wali Kota, Kapolda, dan Ketua DPRD Sulsel menyampaikan terkait kegiatan ini.

"Karena mereka juga alumni Smansa Makassar. Selain itu, sebelum turnamen, juga akan ada eksebisi yang melibatkan mereka dan pihak-pihak lain," sambung Irzal.

Penyelenggara menyiapkan hadiah uang tunai bagi pemenang dengan total Rp84 juta. Hadiah tersebut dikumpulkan secara swadaya. Saat ini, hadiahnya disimpan dalam rekening khusus.

Selain hadiah uang, pantia juga menyiapkan doorprize bagi pendaftar. Kupon yang didapatkan ketika mendaftar nantinya akan diundi. Peserta juga akan mendapat free makan siang, snack, dan minuman.

Penyelenggara mematok target peserta minimal 500 pasangan. Saat ini, pendaftar terdata berasal dari 18 provinsi.



Wakil Ketua Gardu Smansa 84 Makassar Siso menambahkan, selain hadiah uang tunai, pemenang juga akan memperebutkan piala bergilir Smansa 84 dan piala tetap Wali Kota, Ketua DPRD dan Kapolda Sulsel.

"Kita juga melaksanankan acara ini dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia," sebut dia.

Agar turnamen ini semakin masif tersiar, panitia juga melakukan sosialisasi dengan beragam cara. Dalam waktu dekat, panitia akan berangkat ke Pinrang untuk menyosialisasikan ajang ini.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru