PON Aceh-Sumut: Petinju Sulsel Tantang Jagoan Tuan Rumah

Luqman Zainuddin
Rabu, 11 Sep 2024 21:42
PON Aceh-Sumut: Petinju Sulsel Tantang Jagoan Tuan Rumah
Petinju Sulsel beraksi di atas ring PON Aceh-Sumut 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
SIANTAR - Dua dari 12 petinju andalan Sulsel kembali akan naik ring di cabang olahraga tinju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 hari ini. Keduanya yakni Josua Holi Masihor dan Hindriawati Haer. Pertandingan akan berlangsung di venue tinju Auditorium Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar Sumatera Utara (Sumut).

Pada pertarungan babak penyisihan pertama kelas 51-54 Kg putra, Josua berharapan andalan tuan rumah Aceh, Muh Fahmi Iksan. Sementara Hindriawati Haer yang juga baru turun di babak penyisihan pertama, akan berhadapan wakil dari Provinsi Bali, Sela K Soplanit di kelas 52-54 Kg putri.

Di atas kertas, Josua maupun Hindriawati masih yang terbaik di kelasnya. Sebab kedua petinju Sulsel ini merupakan peraih medali emas pada Babak Kualifikasi (BK) 1 Makassar Juli 2023 lalu.

Meski diunggulkan di kelasnya masing-masing namun pelatih kepala tim tinju Sulsel Dufri Masihor tidak ingin anak asuhnya jumawa. Mantan petinju nasional peraih medali emas SEA Games 1998 ini selalu menegaskan untuk tetap mewaspadai semua lawan.

"Semua atlet tinju di PON kali ini punya persiapan yang cukup matang. Tidak boleh ada yang jumawa. Ini tinju bung. Olahraga keras. Dalam sepersekian detik, semua bisa terjadi di atas ring. Kapan kita lengah, kita akan dihabisi. Karena itu kita harus selalu siap,” pesan Dufri Masihor.

Ia memberikan contoh beberapa pengalaman yang dialami oleh petinju-petinju hebat.

"Akibat memandang enteng lawan karena merasa diri hebat, akhirnya di atas ring kalah KO. Karena itu jangan pernah memandang rendah lawan,” tegas Dufri lagi.

Pesan senada disampaikan Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengprov Pertina) Sulsel, Harpen Reza Ali. Selain kerja keras dan disiplin, putra tokoh olahraga asal Makassar ini menekankan atlet binaanya benar-benar konsentrasi di atas ring.

Tapi melihat kedisiplinan dan kerja keras 12 atlet binannya Harpen Ali yakin target prestasi di PON kali ini akan dicapai.

"Target Pertina Sulsel di PON kali ini tidak muluk-muluk. Kami target minimal dua emas. Kalau melihat peta kekuatan tinju di Indonesia Insya Allah kami bisa pulang membawa dua medali emas,” ujar Harpen Ali.

Sementara itu bagi Josua Holi Masihor, PON XXI Aceh-Sumut 2024 adalah ajang membuktikan bagi dia menjadi yang terbaik di kelasnya. Apalagi pada PON XX Papua 2023 lalu Holi hanya meraih medali perunggu. Dia kalah di babak semi final dari atet Pelatnas SEA Games asal Riau, Ingatan Illahi. Saat itu Holi mengalamai cidera di lengan kanannya.

"Mohon doanya semoga di PON kali ini saya bisa meraih hasil maksimal,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Hindriwati Haer. Alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK-UNM) ini juga bertekad naik podium tertinggi setelah pada PON Papua lalu ia gagal meraih prestasi. Indri, sapaannya kalah dari atlet Pelatnas SEA Games Novita Sinadia.

Untuk diketahui pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 Sulsel meloloskan 12 atlet tinju. Dua di antaranya telah lolos ke babak semi final. Masing-masing Kore Pira kelas 71-75 Kg dan Jhon Yambe di kelas 75-80 Kg. Keduanya akan naik ring Selasa 17 September 2024.

"Kita doakan dua kelas ini bisa meraih hasil maksimal,” harap Harpen Reza Ali.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru