Preview Persib vs PSM: Duel Sengit di Laga Klasik

Ahmad Muhaimin
Selasa, 14 Feb 2023 05:34
Preview Persib vs PSM: Duel Sengit di Laga Klasik
Duel sengit sore ini akan mempertemukan PSM kontra Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2022/23 di Stadion Pakansari, Bogor. Foto: Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Duel sengit sore ini akan mempertemukan PSM kontra Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2022/23 di Stadion Pakansari, Bogor. Kedua tim klasik ini diprediksi akan menjalani laga dengan sulit, karena sama-sama menargetkan kemenangan.

PSM datang sebagai tim tamu, tak gentar menghadapi Persib. Modal bagus di pertemuan pertama dengan mencukur Maung Bandung dengan skor 5-1 di Parepare.

Ditambah kemenangan telak 4-1 dari Barito Putera di laga sebelumnya. Membuat Juku Eja percaya diri melanjutkan tren positif kala menantang Persib di hadapan pendukungnya sendiri sore ini.

Meski begitu, PSM tak mungkin bisa meremehkan Persib. Pelatih Juku Eja, Bernardo Tavares mengakui Maung Bandung ialah salah satu tim hebat musim ini. Apalagi mereka belum pernah kalah pada 15 laga beruntun.

“Persib ialah tim bagus, pemain asing yang bagus, pemain lokal yang bagus, staf bagus, pelatih bagus. Dan semuanya bagus dari Persib,” ucap Bernardo dalam sesi konferensi pers jelang laga pada Senin (13/2) kemarin.



Bernardo berharap, wasit yang memimpin laga sore ini juga bagus. Memberikan keputusan yang adil terhadap kedua tim. Tidak menguntungkan Persib dan juga PSM.

Dia tak mau wasit yang memimpin pertandingan sore ini, merugikan PSM seperti beberapa laga sebelumnya. Dimana Juku Eja harusnya mendapat penalti, tapi tak diberikan wasit. Begitu pun sebaliknya, pemain PSM tidak melakukan apa-apa, tapi malah dihukum penalti.

“Saya berharap, laga besok berjalan dengan fair, dipimpin dengan fair. Siapa yang menang dan keluar jadi pemenang, tidak ada bantuan dari siapapun dan hasil imbang tidak ada pengaruh dari pihak luar. Bahwa bila ada satu tim yang memang harus kalah dengan kepala tegak,” jelasnya.

Pelatih asal Portugal ini menyampaikan, kedatangannya ke PSM ialah memberikan yang terbaik di setiap prosesnya. Sekaligus mencatatkan penampilan terbaik dibanding musim sebelumnya.

“Sekarang kita sudah lebih baik dari musim lalu. Makanya kita ingin menikmati pertandingan besok. Dari sisi target, kita sudah capai dan ya enjoy the game. Kita tidak punya pressure sama sekali,” bebernya.

Baca Juga:Duel Persib Lawan PSM Makassar jadi Laga Spesial Bagi Marc Klok

Sayangnya, suporter PSM dilarang hadir pada laga sore ini. Dengan alasan keamanan, panitia tak memberi ruang pendukung Juku Eja untuk datang ke stadion. Bernardo memprotes kebijakan ini.

Bernardo mengaku, tak mendapat alasan kenapa panitia tak memberikan izin suporter PSM datang ke stadion. Padahal saat pendukung Persib main di Parepare, mereka disambut dengan baik. Tidak ada insiden.

“Persib pada saat laga kandang pun, suporter mereka datang dan suporter kita menunjukan sesuatu hal yang baik. Sepakbola ialah kecintaan yang ditunjukkan suporter dengan datang mendukung timnya masing-masing,” imbuhnya.

“Betapa bagusnya sepakbola pada saat dua kelompok suporter bisa menyaksikan dan mendukung tim kebangaannya di pertandingan itu. Coba kalian bayangkan, kita bermain di Parepare dan kita dapatkan poin-poin itu,” lanjutnya.



Kapten PSM, Wiljan Pluim mengaku sudah tidak sabar menanti laga sore ini. Baginya, menghadapi Persib selalu memiliki aura tersendiri apalagi di hadapan pendukungnya sendiri.

“Pertandingan besok, kita akan menjalaninya dengan rasa bangga. Bahwa laga besok selalu bagus atmosfernya melawan Persib Bandung. Tapi sayangnya, suporter kita tidak bisa hadir di laga besok,” ungkapnya.

Pemain asing asal Belanda ini mengklaim, tak punya target khusus di laga ini. Namun Pluim menekankan PSM akan berusaha sekuat tenaga untuk merebut poin di laga ini.

“Kita tidak punya harapan. Kita hanya akan memberikan yang terbaik, usaha terbaik dan menikmati pertandingan dengan perasaan yang bagus di pertandingan. Kami akan berikan usaha 100 persen, atau bahkan lebih dari 100 persen,” kuncinya.



Sementara itu, Persib yang bertindak sebagai tuan rumah dipastikan bakal mati-matian di laga ini. Apalagi seisi stadion semuanya dihadiri oleh pendukung Maung Bandung.

Tak ada alasan bagi mereka untuk tidak mengunci poin penuh. Apalagi mengalahkan PSM, bisa membuat Persib membuka jalur untuk mudah meraih juara Liga 1 2022/23.

Pelatih Persib, Luis Milla memastikan, semua pemain dalam kondisi siap tampil. Hanya Daisuke Sato yang absen, karena terkena akumulasi kartu kuning. Keuntungan ini ingin dimaksimalkan Persib dengan melanjutkan catatan tak terkalahkan pada 15 pertandingan beruntun.

“Kami akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan dalam pertandingan sebelumnya. Kami akan fokus dan kerja keras dalam pertandingan untuk meraih hasil maksimal. Pemain semua siap, siapapun yang akan tampil pada menit awal ataupun sebagai pengganti,” kata Milla dalam sesi konferensi pers jelang laga, kemarin.

Meski demikian, Milla juga mengakui kehebatan PSM. Apalagi Juku Eja baru menelan 2 kali kekalahan, 8 imbang dan mengantongi 13 kemenangan.

“Kami respect kepada PSM, mereka ada di papan atas klasemen sementara dengan kompetitif. Kami sangat membutuhkan dukungan dari Bobotoh akan menambah motivasi, karena ini adalah pertandingan yang sangat bagus,” paparnya.

Gelandang Persib, Dedi Kusnandar akan menjadikan laga ini sebagai momentum untuk mempermudah timnya menuju jalur gelar juara Liga 1. Sebab PSM merupakan satu diantaranya yang juga berada di jalur tersebut.

“Besok adalah pertandingan besar. PSM adalah tim besar dengan pemain-pemain berkualitas. Tapi, kami optimis dengan tim ini,” imbuhnya.



PSM berada di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 47 poin dari 23 kali penampilannya. Sementara Persib membuntuti di peringkat ketiga dengan koleksi 46 poin dari 22 pertandingan yang dilakoninya.

Juku Eja juga memegang catatan sebagai tim dengan pertahanan terbaik saat ini. Bersama Persija, PSM baru kebobolan 18 gol.

Catatan impresif itu akan menjadi tantangan bagi striker Persib, David da Silva dan Ciro Alves. Dimana David menjadi pemegang top skor saat ini dengan koleksi 17 gol 5 assist.

"Seperti yang pelatih bilang, setiap laga adalah final dan besok lawan PSM, kami tahu di klasemen seperti apa, dan kami harus bagaimana,” tutupnya.

Prediksi Susunan Pemain *dari kiri ke kanan
PSM (3-5-2)
Reza Arya; Agung Mannan, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Rizky Eka Pratama, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, M Arfan, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Ramadhan Sananta
Pelatih: Bernardo Tavares

Persib Bandung (3-4-3)
Teja Paku Alam; Rezaldi Hehanusa, Victor Igbonefo, Nick Kuipers; Rachmat Irianto, Dedi Kusnandar, Marc Klok, Henhen Herdiana; Ciro Alves, David da Silva, Beckham Putra
Pelatih: Luis Milla

5 Pertandingan Terakhir PSM Makassar
09.02.23 L1 PSM Makassar VS Barito Putera 4:1
04.02.23 L1 Arema FC VS PSM Makassar 0:1
30.01.23 L1 PSM Makassar VS RANS Nusantara 3:1
25.01.23 L1 Persija Jakarta VS PSM Makassar 4:2
20.01.23 L1 Bali United VS PSM Makassar 2:2

5 Pertandingan Terakhir Persib Bandung
10.02.23 L1 Bali United VS Persib Bandung 1:1
05.02.23 L1 Persib Bandung VS PSS Sleman 2:0
31.01.23 L1 PSIS Semarang VS Persib Bandung 1:3
26.01.23 L1 Persib Bandung VS Borneo 1:0
20.01.23 L1 Madura United VS Persib Bandung 0:1

Head to Head
29.08.22 L1 PSM Makassar VS Persib Bandung 5:1
22.02.22 L1 PSM Makassar VS Persib Bandung 0:2
02.10.21 L1 Persib Bandung VS PSM Makassar 1:1
22.12.19 L1 Persib Bandung VS PSM Makassar 5:2
18.08.19 L1 PSM Makassar VS Persib Bandung 3:1

(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru