Preview Persebaya vs PSM: Pertunjukan Aksi Pemain Muda

Ahmad Muhaimin
Jum'at, 24 Feb 2023 08:00
Preview Persebaya vs PSM: Pertunjukan Aksi Pemain Muda
Logo Persebaya versus PSM. Foto: Ilustrasi Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - PSM akan menantang Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022/23 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik pada Jumat (24/2) sore ini. Laga ini menjadi momentum bagi Juku Eja untuk memperlebar jarak di klasemen.

Pertemuan Persebaya kontra PSM bakal menyajikan pertarungan aksi para pemain muda. Di Liga 1 musim ini, Kedua tim tersebut memang yang paling sering memainkan pemain di bawah usia 23 tahun.

PSM memiliki sejumlah pemain Muda yang siap tampil besok seperti kiper Reza Arya, Ramadhan Sananta, Ricky Pratama, Victor Dethan, Mulfi Hidayat dan Ananda Raehan. Ada juga Dzaky Asraf yang sedang memenuhi panggilan Timnas.



Sementara Persebaya mayoritas dihuni oleh pemain muda diantaranya Rizky Ridho, M Iqbal, Altalariq Ballah, Ernando Ari, Koko Ari, Supriadi dan Arief Catur. Ada juga Marselino Ferdinan yang sudah dilepas ke luar negeri.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares mengatakan laga sore ini bakal berjalan sulit bagi timnya. Apalagi dalam pertemuan beberapa musim terakhir, Juku Eja kesulitan menang di kandang Persebaya.

"Kita tahu PSM tidak pernah menang di sini dan saya prediksi pertandingan besok (hari ini) sangat sulit bagi kami. Namun kami akan berjuang," ucap Bernardo dalam sesi konferensi pers jelang laga pada Kamis (23/2) kemarin.

Pada laga sebelumnya, Persebaya dicukur 4-0 atas Bali United. Bernardo menilai, kekalahan telak tersebut tidak menggambarkan kekuatan Bajol Ijo. Sebab pada 9 laga sebelumnya, mereka begitu perkasa dan tak terkalahkan.

"Persebaya tim bagus, mereka memiliki pemain lokal dan asing yang bagus. Kami sudah menganalisa Persebaya dan itu pasti beda dengan tim lain," ujarnya.



PSM saat ini memimpin klasemen sementara dengan raihan 53 poin. Berada di jalur juara. Meski begitu, Bernardo akan melupakan sejenak posisi di klasemen.

"Saya hanya mengharapkan pertandingan nanti berjalan dengan baik, dipimpin wasit dengan baik. Siapapun yang memang dia layak, baik itu Persebaya atau PSM. Kami ingin menikmati pertandingan yang kita miliki ke depannya," bebernya.

Bagi Bernardo, berada di posisi puncak klasemen bukanlah tekanan. Sebaliknya, ia meminta anak asuhnya untuk tidak tertekan sebagai tim nomor satu.

"Kita hanya ingin menikmati pertandingan. Kalau kita bisa menang luar biasa, kalau imbang saya tetap puji pemain," tuturnya.

Pemain PSM, Yuran Fernandes menambahkan tidak ada persiapan khusus untuk laga sore ini. Ia juga menekankan tak akan mewaspadai pemain tertentu dari Persebaya.

"Kami akan berjuang untuk pertandingan besok. Tugas saya hanya membantu tim, saya tidak ingin membuat analisa tersendiri," jelasnya.



Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengungkapkan timnya sudah melakukan evaluasi setelah kekalahan memalukan dari Bali United. Ia berharap, timnya bisa melanjutkan catatan baik kala menghadapi PSM di markasnya.

"Kita sudah melakukan persiapan. Evaluasi juga sudah kami berikan. Semoga besok dengan kerja keras dan dukungan Bonek kita bisa meraih tiga poin,” ungkapnya.

Aji paham, pemain PSM memiliki kecepatan di atas rata-rata. Serangan balik Juku Eja juga sangat mematikan saat bermain di kandang lawan. Ini yang coba diwaspadai pelatih berusia 52 tahun ini.

"PSM Makassar memiliki fighting spirit yang bagus, memiliki pemain yang cepat. Saya akan antisipasi itu,” paparnya.

Jelang lawan PSM, Persebaya mendapat suntikan tenaga. Penyerang asing mereka, Paulo Victor siap diturunkan. Penyerang asal Brasil ini sebelumnya cedera dan absen beberapa laga.

"Semua pemain dalam kondisi baik, Paulo Victor dan Sho Yamamoto juga sudah bergabung dengan tim. Mereka berdua sudah bisa main," kuncinya.

*Prediksi susunan pemain dari kiri ke kanan
PSM (3-5-2)
Reza Arya; Agung Mannan, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Rizky Eka Pratama, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, M Arfan, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Ramadhan Sananta
Pelatih: Bernardo Tavares

Persebaya (4-3-3)
Ernando Ari; Alta Ballah, Leo Lelis, Rizky Ridho, Koko Ari; Ze Valente, M Iqbal, Alwi Slamat; A Nufiandani, M Rumere, Sho Yamamoto.
Pelatih: Aji Santoso

5 Pertandingan Terakhir Persebaya
18.02.23 L1 Bali United VS Persebaya 4:0
13.02.23 L1 Persebaya VS PSS Sleman 4:2
03.02.23 L1 Persebaya VS Borneo 3:2
29.01.23 L1 Madura United VS Persebaya 0:2
23.01.23 L1 Persebaya VS Bhayangkara Solo 2:1

5 Pertandingan Terakhir PSM Makassar
19.02.23 L1 PSM Makassar VS Persik Kediri 2:1
14.02.23 L1 Persib Bandung VS PSM Makassar 1:2
09.02.23 L1 PSM Makassar VS Barito Putera 4:1
04.02.23 L1 Arema FC VS PSM Makassar 0:1
30.01.23 L1 PSM Makassar VS RANS Nusantara 3:1

Head to Head
10.09.22 L1 PSM Makassar VS Persebaya 3:0
14.01.22 L1 Persebaya VS PSM Makassar 2:1
18.09.21 L1 PSM Makassar VS Persebaya 3:1
14.11.19 L1 Persebaya VS PSM Makassar 3:2
17.07.19 L1 PSM Makassar VS Persebaya 2:1
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru