Selektif Tentukan Bacaleg, Gerindra Sulsel Bakal Lakukan Uji Kelayakan

Ahmad Muhaimin
Rabu, 15 Mar 2023 09:00
Selektif Tentukan Bacaleg, Gerindra Sulsel Bakal Lakukan Uji Kelayakan
Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras mendampingi Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco. Foto: Humas Gerindra Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Partai Gerindra Sulsel memasang target tinggi untuk Pileg 2024 mendatang. Khusus DPRD Provinsi, mereka optimis meraih 17 kursi.

Gerindra bertekad melengserkan dominasi Golkar dan merebut merebut posisi kursi Ketua DPRD Sulsel. Makanya, DPD Gerindra Sulsel tak ingin gegabah dalam menyusun daftar Bacaleg.

Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan Bacaleg harus mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test. Meski kuota sudah terpenuhi hingga 200 persen, pihaknya harus memastikan loyalitas bacaleg yang dipasang.



Apalagi beberapa pendaftar terdeteksi masih belum meyakinkan. Yakni masih berpeluang ke partai lain. Ini yang coba diseleksi oleh Gerindra Sulsel.

“Bacaleg harus melalui tahapan evaluasi dan uji kelayakan. Ada juga masyarakat yang sudah daftar di partai lain baru ikut juga di Gerindra,” kata Andi Iwan.

Ketua Bappilu DPD Gerindra Sulsel, Harmansyah menambahkan para bacaleg masih akan disaring. Meski pendaftaran terbuka untuk umum, tetapi kader internal tetap diprioritaskan.

“Setelah dari kader internal tersebut dianggap sudah tidak ada masalah lagi, barulah kami masuk pada kader eksternal yang belum berafiliasi dengan partai mana pun,” jelasnya.



Apalagi seluruh dapil untuk DPRD Sulsel sudah memenuhi target. Sisa diseleksi figur yang paling berpotensi untuk dimasukkan dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) sebelum disetor ke KPU.

“Dalam penyusunan Bacaleg kali ini, kita betul-betul selektif, tentu kami melihat keseriusan mereka untuk berkompetisi. Kami juga menilai bacaleg yang telah turun ke dapilnya masing-masing tentunya ini juga akan menjadi penilaian,” kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru