Aksi Relawan Ganjar Dukung Nelayan di Pinrang Lebih Berdaya dan Produktif

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 22 Mar 2023 22:27
Aksi Relawan Ganjar Dukung Nelayan di Pinrang Lebih Berdaya dan Produktif
Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel menyalurkan bantuan jaring untuk pelaut atau nelayan di Desa Lero, Kabupaten Pinrang pada Rabu (22/3/2023). Foto/Istimewa
Comment
Share
PINRANG - Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar beragam kegiatan positif untuk meringankan beban para pelaut maupun nelayan di Desa Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang pada Rabu (22/3/2023).

Para relawan Ganjar itu membawa sejumlah bantuan jaring untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan masyarakat pesisir Desa Lero, yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Lewat kegiatan ini, relawan Ganjar mendorong agar nelayan setempat lebih berdaya dan produktif.



Koordinator Wilayah Nelayan Pesisir Sulsel, Rachmat Kurniawan, mengatakan bantuan ini memang diharapkan dapat menjadi stimulan agar para nelayan setempat lebih berdaya dan produktif.

Di sisi lain, Rio-sapaan akrabnya, mengaku pihaknya juga menggelar diskusi bersama nelayan serta tokoh masyarakat setempat dalam menjaring keluh kesah dan kebutuhan selama melaut.

"Jadi hari ini kami hadir untuk bagi-bagi jaring ke masyarakat sekaligus juga mendengarkan apa yang menjadi aspirasi dan keluhan masyarakat di sektor nelayan khususnya pesisir," ucap dia.

Rio menyebut sejumlah aspirasi yang disampaikan para nelayan di antaranya bantuan alat-alat pancing, benang tasi, mesin kapal, dan sebagainya.

"Kami sudah menemukan titik suatu problem dan Insya Allah kami bakalan kembali lagi menemui teman-teman nelayan yang ada di sini (untuk merealisasikan aspirasi nelayan)," ungkap Rio.

Sebagai wadah berkumpul dalam mengatasi masalah dan kebutuhan diantara kalangan pelaut, komunitas nelayan berkomitmen mendorong kesejahteraan nelayan berbagai daerah di Sulsel.

"Pastinya langkah-langkah yang bakalan kami tempuh terjun langsung bertemu dengan masyarakatnya dengan kelompok nelayan terus kami adakan kalau di Sulawesi Selatan ada yang namanya tudang sipulung (musyawarah)," tutur Rio.



Junaidi (23), warga yang berprofesi sebagai nelayan selama tujuh tahun mengucapkan terima kasih atas partisipasi Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel yang telah membantu aktivitas dan produktivitas di subsektor perikanan tangkap di Kabupaten Pinrang.

"Alhamdulilah karena dengan bantuan ini kami sebagai nelayan bisa semangat menjalani aktivitas melaut," pungkas Junaidi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru