Pemkab Gowa Siapkan Pos Pelayanan Publik Bagi Masyarakat Dataran Tinggi

Herni Amir
Sabtu, 01 Apr 2023 14:05
Pemkab Gowa Siapkan Pos Pelayanan Publik Bagi Masyarakat Dataran Tinggi
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan tarawih keliling di Masjid Nurussalam, Desa Majannang, Kecamatan Parigi. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan membangun pos pelayanan publik di sembilan kecamatan dataran tinggi yang ada di wilayah daerah berjuluk Butta Bersejarah itu.

Pos pelayanan publik tersebut merupakan perpanjangan dari Mall Pelayanan Publik (MPP) yang segera dibangun. Di mana MPP ini akan menyatukan seluruh bentuk pelayanan yang ada di Kabupaten Gowa, baik di lingkup Pemkab Gowa maupun instansi vertikal lainnya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pos pelanan publik itu nantinya dilakukan dengan merenovasi kantor-kantor kecamatan agar mempermudah pelayanan ke masyarakat sehingga semua pelayanan akan didelegasikan ke kecamatan.



Dia mencontohlan, pelayanan di Disdukapil dan beberapa perizinan yang ada di PTSP. Kecamatan nanti lanjut Adnan, yang akan memprosesnya, sehingga yang ingin memperoleh pelayanan tidak perlu turun ke Sungguminasa cukup datang ke kantor kecamatan.

"Pelayanannya sama kecuali izin yang tidak bisa kami kasih di kecamatan tapi harus ke kabupaten. Namun sudah ada di MPP ini untuk lebih memudahkan pelayanan-pelayanan di pemerintahan kepada seluruh lapisan masyarakat. Jadi termasuk di Parigi ini akan kita bangun Pos pelayanan publik," jelas Adnan, saat melakukan tarawih keliling di Masjid Nurussalam, Desa Majannang, Kecamatan Parigi, kemarin malam.

MPP sendiri lanjut Adnan, untuk instansi vertikal, pihaknya sudah meminta Polres, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Imigrasi, Kemenag, PLN, Telkom dan seluruh perbankan masuk dalam MPP.



"Sehingga apabila masyarakat Gowa ingin memperoleh pelayanan tidak perlu datang ke kantor-kantor, cukup datang ke MPP semuanya sudah ada dalamnya," ungkapnya.

Tarawih keliling yang rutin dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa setiap tahunnya menjadi momentum bagi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menyampaikan beberapa program prioritas yang akan dilaksanakan Pemkab Gowa di tahun 2023 ini. Wabup Gowa sendiri melaksanakan tarawih di Masjid Nurul Iman Lebong Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe.

Menurut Adnan, dalam membangun daerah pemerintah tidak bisa jalan sendiri, namun membutuhkan bantuan dari berbagai pihak termasuk masyarakat sebagai penerima manfaat atau sasaran dalam berbagai program yang dijalankan.

Baca juga: Srikandi Ganjar Sulsel Edukasi Bahaya Narkoba kepada Milenial di Gowa

"Safari Ramadan melalui tarawih keliling ini untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan kita semua, karena kesusksesan tidak bisa diraih dengan cara individualistik, namun itu bisa diraih dengan cara kolaborasi," tambah Adnan.

Turut hadir pada pelaksanaan tarawih keliling ini Dandim 1409 Gowa, Letkol INF Muhammad Isnaeni Natsir, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina bersama para pimpinam SKPD Lingkup Pemkab Gowa berdasarkan pembagian tim yang telah ditentukan, dimana tim tersebut akan dirolling setiap harinya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru