Longsor di Desa Maliwowo Lutim, 2 Rumah Warga Rusak Parah

fitra budin
Senin, 03 Apr 2023 00:43
Longsor di Desa Maliwowo Lutim, 2 Rumah Warga Rusak Parah
Salah satu bagian rumah warga di Desa Maliwowo Lutim yang tertimpa longsor pada Minggu (2/4/2023) malam. Foto/Tangkapan Layar Video
Comment
Share
LUWU TIMUR - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur (Lutim) pada Minggu (2/4/2023) malam sekira pukul 21.00 WITA. Dua rumah warga mengalami rusak parah karena tertimpa material longsor.

Dari informasi yang dihimpun awak media, tanah longsor terjadi akibat curah hujan yang memang cukup tinggi di wilayah tersebut. Adapun lokasi pasti kejadian berada tidak jauh dari jembatan batas Desa Kalaena dan Desa Maliwowo.



”Kejadian barusan, ada dua rumah permanen yang tertimpa longsor, kondisi rumah rusak parah,” kata Kepala Desa Maliwowo, Asdar.

Beruntung, ia menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Tatkala intensitas hujan kian deras, penghuni rumah yang tertimpa longsor memang selalu diungsikan guna mengantisipasi bencana longsor.

"Kami sudah waspada dari kemarin. Bahkan sudah dua hari saya ini begadang karena hujan terus. Ini longsor karena karena ada memang patahan di atas ini," kata dia.

"Sedangkan lokasi longsor lama itu, tadi sempat kita lihat ada air bercampur tanah yang menyebrang ke jalan. Maka ini saya imbau warga Maliwowo tetap waspada," sambung Asdar.

Terlihat dari video yang beredar dengan durasi 19 detik, belakang rumah warga yang terkena tanah longsor mengalami rusak parah. Saat ini warga dan pemerintah desa setempat berupaya melakukan evakuasi barang yang masih dapat diselamatkan.

Sebelumnya, akibat hujan lebat yang melanda Lutim sejak Sabtu Malam (01/04/23) mengakibatkan dua desa di Kecamatan Malili, terendam banjir.



Kepala Desa Ussu, Rahmad Aldrin, mengatakan air mulai meluap sejak Sabtu malam pada pukul 23:00 Wita. "Lokasi banjir itu ada di sekitar Perumahan Bumi Batara Guru," kata dia.

"Dan tinggi air itu sampai perut orang dewasa, bahkan di lokasi juga itu ada pohon tumbang di pinggir jalan," tambah Rahmad.

Selain itu, di Desa Puncak Indah juga ikut terdampak, dimana sejumlah rumah warga yang berada dekat sungai Malili ikut terendam banjir.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru