Operasi Ketupat 2023, Polres Lutim Fokus Pengamanan Arus Mudik-Balik Lebaran

fitra budin
Senin, 17 Apr 2023 20:09
Operasi Ketupat 2023, Polres Lutim Fokus Pengamanan Arus Mudik-Balik Lebaran
Polres Lutim menyiapkan pengamanan hari raya menjelang dan sesudah Lebaran dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi dengan sandi Ops Ketupat 2023. Foto/Fitra Budin
Comment
Share
LUWU TIMUR - Kepolisian Resor (Polres) Luwu Timur (Lutim) menyiapkan pengamanan hari raya menjelang dan sesudah Lebaran dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi dengan sandi Ops Ketupat 2023 bertempat di Lapangan Apel Mapolres Lutim, Senin (17/4/2023).

Kapolres Lutim, AKBP Silvester, pada apel gelar pasukan tersebut menjelaskan, Operasi Ketupat 2023 merupakan operasi kepolisian terpusat dalam rangka pengamanan perayaan Idul Fitri 1444 H. Operasi ini bersifat terbuka yang mengedepankan kegiatan preemtif, dan preventif yang didukung penegakan hukum.



"Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 18 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023," kata dia.

Prioritas atau fokus sasaran dalam operasi ini, kata Silvester, adalah pengamanan arus mudik dan balik Lebaran, serta pengamanan pada pemusatan massa dalam rangka perayaan Idul Fitri. Selain itu, juga pengamanan kegiatan ibadah dan antisipasi gangguan kamtibmas yang terjadi menghadapi serta selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

"Pada pelaksanaan operasi ini Polres Luwu Timur akan menurunkan sebanyak 110 personel dibantu dari personil TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar, Dinkes, Basarnas dan Senkom," kata dia.

"Semua personel ini akan ditempatkan di lima Pos Pengamanan dan Pelayanan yaitu Pos Pengamanan Burau (jalan masuk pantai Ujung Suso), Pos Pelayanan Wotu (Pertigaan Tarengge), Pos Pengamanan Tomoni (Lapangan Tomoni), Pos Pengamanan Malili (Pos 700 pertigaan Malili Sorowako) dan Pos Terpadu Nuha (Dermaga Sorowako)," tambah Silvester.



Dalam amanatnya pada Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2023, Silvester juga menjelaskan kepada peserta apel tersebut soal pelaksanaan tugas harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. "Tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua," ucapnya.

Sekadar diketahui, bertindak sebagai Perwira Apel adalah Kasat Lantas Polres Luwu Timur IPTU Syarifuddin, dan bertindak sebagai komandan apel adalah Kanit Regident Sat Lantas Polres Luwu Timur, Iptu Sujarwo. Kemudian Peserta apel dihadiri oleh personel Polres Luwu Timur, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Damkar dan Senkom.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru