Pileg 2024, 3 Ketua DPRD Milik PPP Naik Kelas ke Provinsi

Ahmad Muhaimin
Kamis, 11 Mei 2023 01:00
Pileg 2024, 3 Ketua DPRD Milik PPP Naik Kelas ke Provinsi
Pengurus PPP Sulsel saat mengajukan Bacaleg ke KPU Provinsi. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - PPP Sulsel resmi mengajukan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Provinsi pada Rabu (10/5) kemarin. Mereka menjadi partai kedua yang mendaftar, setelah PKS.

Di Pileg 2024, PPP mematok target tinggi. Makanya tiga Ketua DPRD mereka, didorong naik kelas ke tingkat provinsi.

“Ketua DPRD Gowa (Rafiuddin), kemudian Ketua DPRD Bantaeng (Hamsyah Ahmad), Ketua DPRD Luwu (Rusli Sunali). Itu beberapa orang yang bakal maju ke provinsi," kata Ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan saat ditemui di KPU Sulsel, kemarin.

PPP sejatinya, memiliki 4 Ketua DPRD di kabupaten. Khusus di Bulukumba yang dijabat Rijal, tak maju naik kelas ke provinsi. Dia tetap nyaleg di kabupaten.

Selain Ketua DPRD, PPP juga mendorong anggota dewannya di kabupaten/kota untuk naik kelas. Seperti Azis Namu dari Anggota DPRD Makassar maju di Dapil Makassar B. Haji Muhammad dari legislator DPRD Jeneponto maju Dapil Jeneponto, Bantaeng dan Kepulauan Selayar.



Fauzan begitu optimis dengan komposisi Bacalegnya sekarang. Sebab ia mampu memenuhi semua kuota daftar caleg sementara (DCS) ke KPU untuk Pileg 2024.

“Semua 85 Caleg kami penuhi. Termasuk di Dapil Toraja dan Toraja Utara kami ada caleg,” ujar Ketua Fraksi PPP DPRD Sulsel ini.

Fauzan mengklaim, PPP juga telah mengisi jatah 30 persen kuota perempuan yang dipersyaratkan oleh KPU. Bahkan ia banyak memasukkan Caleg perempuan.

"Kami tidak menghitung pasti berapa total. Tapi perkiraan kami itu ada di angka 35 sampai 40 persen bacaleg perempuan," terangnya.

Meski begitu, Fauzan menilai kemungkinan anggota bacalegnya berubah di tengah jalan sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT). Makanya ia masih memberi kesempatan kepada tokoh di Sulsel yang ingin mengajukan diri sebagai calon anggota legislatif di DPRD Sulsel, untuk bergabung di PPP.

"DCS ini masih berpotensi berubah. Kalau nomor urut itu sudah paten tidak ada perubahan dan kalau ada perubahan itu hanya perubahan Bacaleg. Petahana nomor urut 1,” kuncinya.



Sementara itu, Ketua Bappilu DPW PPP Sulsel, Yusran Sofyan membenarkan tiga Ketua DPRD di kabupaten naik kelas. Sementara Ketua DPRD Bulukumba, memilih tetap di kabupaten.

“Pastinya ada pembicaraan antara dia (Rijal) dengan ketua DPC (Askar HL). Makanya Ketua DPRD (Rijal) tidak maju provinsi. Tapi anak Pak Askar yang didorong ke provinsi,” tambah Yusran.

Eks Wakil Ketua DPRD Sulsel ini melanjutkan, Hamsyah Ahmad yang menjabat Ketua DPRD Bantaeng juga naik provinsi. Ia akan menjadi tandem petahana Andi Sugiarti Mangun Karim di Dapil Je’neponto, Bantaeng dan Kepulauan Selayar.

“Ibu Andi Ugi tetap maju di provinsi. Saya tidak tahu apakah keduanya punya hubungan keluarga ya, yang jelas mereka akan maju sebagai Caleg Provinsi,” kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru