PAN Maros Daftar Bacaleg ke KPU, Kuota Perempuan Capai 40 Persen

Najmi S Limonu
Jum'at, 12 Mei 2023 16:31
PAN Maros Daftar Bacaleg ke KPU, Kuota Perempuan Capai 40 Persen
Ketua PAN Maros AS Chaidir Syam menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU, Jumat (12/5/2023). Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - 35 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Amanat Nasional (PAN) melakukan konvoi menggunakan becak saat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros, Jumat (12/5/2023).

Dari pantauan, rombongan PAN tiba di KPU Maros pukul 09.15 Wita. Iring-iringan berjalan dari Sekretariat PAN di Jalan Azalea melewati kompleks kantor Bupati menuju KPU.

Ketua PAN Maros, AS Chaidir Syam dan Sekretaris PAN, Haeriah Rahman juga terlihat menggunakan becak. Mereka berada di posisi paling depan, diikuti oleh simpatisan yang menggunakan bahu biru khas PAN.

Chaidir Syam mengatakan, PAN mendaftar hari ini sesuai dengan nomor urut partai, 12. Selain itu, dengan mendaftar di hari Jumat, PAN bisa mendapat keberkahan.



Dia menyebutkan, dalam daftar bacaleg ini, kuota perempuan mencapai 40 persen. Sementara bacaleg dari kalangan milenial mencapai 10 persen.

"Kita memenuhi kuota perempuan di bacaleg kali ini. Bahkan jumlahnya mencapai 40 persen. Untuk milenial ada 10 persen, sebab pemilih milenial kita sangat banyak, PAN memberikan ruang bagi para milenial,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Maros itu optimistis partainya dapat merebut lebih banyak kursi di DPRD Maros. Saat ini PAN menguasai enam kursi. Pada Pileg 2024, PAN mematok target meraih 10 kursi.

Dari enam orang petahana PAN di DPRD Maros hanya lima yang kembali mencalonkan. Salah satu petahana, Andi Welly melakukan proses regenerasi, dengan mendorong anaknya maju.



Khusus untuk bacaleg provinsi kata dia ada dua orang yang mendaftar, yakni Irfan AB dan Akbar Hasan. Sementara untuk bacaleg DPR RI ada Nurhasan.

“Tapi kita menunggu kepastian pendaftaran bacaleg di tingkat Provinsi dan pusat yang semuanya serentak pada hari ini,” bebernya.

Sementara itu Ketua KPU Maros, Syamsu Risal mengatakan, hingga hari sudah ada empat partai yang mendaftar, yakni PKS, Hanura, Nasdem dan PAN.

“Namun yang dinyatakan berkasnya lengkap itu baru PAN dan Nasdem. Sementara ada dua yang kami kembalikan yakni, PKS dan Hanura,” sebutnya.



Diketahui ada 18 partai yang akan melakukan partisipasi pada pileg 2024 mendatang.
(MAN)
Berita Terkait
Terima Surat Tugas Demokrat, Mitra Cukupkan Koalisi di Pilkada Enrekang 2024
Sulsel
Terima Surat Tugas Demokrat, Mitra Cukupkan Koalisi di Pilkada Enrekang 2024
Bakal Calon Bupati Enrekang, Mitra Fakhrudin MB menerima surat tugas dari Partai Demokrat untuk maju di Pilkada pada Senin (01/07/2024). Hal ini menjadi tambahan kekuatan bagi Mitra.
Senin, 01 Jul 2024 22:22
PAN Ikut Nasdem Koalisi di 4 Daerah untuk Pilkada 2024
Sulsel
PAN Ikut Nasdem Koalisi di 4 Daerah untuk Pilkada 2024
Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan akan berkoalisi dengan Nasdem di Pemilihan Walikota Makassar.
Selasa, 28 Mei 2024 19:51
Sudah Ditetapkan Nasdem, Andi Sudirman Langsung Daftar 3 Partai Sekaligus
Sulsel
Sudah Ditetapkan Nasdem, Andi Sudirman Langsung Daftar 3 Partai Sekaligus
Bakal Calon Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) mulai mendaftar di tiga partai sekaligus pada Senin (27/05/2024) kemarin. Ketiga partai itu ialah PKS, PAN dan PKB.
Senin, 27 Mei 2024 17:38
Dalam Sehari, Ketua PKS Sulsel Daftar di PAN, Demokrat dan PKB
Makassar City
Dalam Sehari, Ketua PKS Sulsel Daftar di PAN, Demokrat dan PKB
Ketua DPW PKS Sulsel, Amri Arsyid menunjukkan keseriusan maju di Pilwalkot Makassar 2024. Setelah memasang baliho di berbagai sudut jalan, ia kemudian keliling di tiga partai untuk mengambil formulir penjaringan bakal calon wali kota Makassar.
Senin, 13 Mei 2024 18:58
PAN Beri Rekomendasi Tunggal untuk Mitra Fakhruddin MB di Pilkada Enrekang 2024
Sulsel
PAN Beri Rekomendasi Tunggal untuk Mitra Fakhruddin MB di Pilkada Enrekang 2024
DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menerbitkan surat rekomendasi untuk calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada 2024. PAN memberi rekomendasi kepada 1300 bakal calon kepala daerah se-Indonesia. Khusus untuk Pilkada Enrekang, PAN memberi rekomendasi tunggal hanya untuk Mitra Fakhruddin MB.
Minggu, 12 Mei 2024 14:35
Berita Terbaru