Banyak Belum Rampung, KPU Maros Kembalikan Berkas Bacaleg PKS

Najmi S Limonu
Senin, 08 Mei 2023 16:22
Banyak Belum Rampung, KPU Maros Kembalikan Berkas Bacaleg PKS
KPU Maros mengembalikan berkas bakal caleg (Bacaleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang didaftarkan karena berkas pendaftaran PKS belum memenuhi syarat. Foto: Sindo Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - KPU Maros mengembalikan berkas bakal caleg (Bacaleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang didaftarkan karena berkas pendaftaran PKS belum memenuhi syarat.

Wakil Ketua Bidang Kepemudaan, Kartomas Karim membenarkan hal tersebut. “Karena masih ada beberapa Bacaleg yang belum melengkapi foto,” katanya, Senin, (8/5/2023).



Total Bacaleg yang didaftarkan sebanyak 35 sesuai dengan jumlah kursi di Maros. "Yang belum melengkapi foto itu ada lima orang,” ucapnya.

Namun dia berjanji akan segera melengkapi persyaratan yang diajukan KPU. "Secepatnya, kalau tidak hari ini yah paling besok akan segera kami kembalikan lagi,” bebernya.

Tak hanya terkait masalah foto bacaleg, namun juga ada perbedaan nama Ketua DPD di Sipol.

"Di PKS itu ada pergantian secara administrasi , dari ketua yang sebelumnya ke Muzayyin Arif. Tapi di Sipol belum berganti masih menggunakan nama ketua lama. Ini bukan dualisme kepemimpinan, tapi di SK terbaru sudah diupload,” jelasnya.

Kartomas menyebutkan, PKS mendaftar hari ini bukan karena ketidaksengajaan, lantaran angka 8 sesuai dengan nomor urut partai.

“Tanggal 8 sesuai nomor urut PKS. Hari Senin juga hari terbaik, semoga kita mendapatkan berkah. Bahkan ini adalah intruksi dewan pimpinan pusat untuk mendaftar hari ini,” tutupnya.

Ketua KPU Maros, Syamsu Risal mengatakan, PKS merupakan partai pertama yang mengajukan nama-nama bakal calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).



Namun setelah berkas PKS diperiksa ternyata masih ada dokumen yang belum memenuhi syarat.

“Masih ada bakal calon dari PKS yang tidak mencantumkan foto dan itu menjadi pertimbangan untuk dikembalikan,” tuturnya.

Selain PKS, PAN juga kata dia telah menyurat ke KPU. "PAN juga sudah menyurat untuk melakukan pengajuan bakal calon, sesuai suratnya itu tanggal 12 Mei akan mendaftar,” tutupnya.

Diketahui rombongan PKS tiba dikantor KPU pukul 10.18 Wita. Para bacaleg hadir menggunakan pakaian adat. Namun Ketua DPD PKS Maros, Muzayyin Arif tidak hadir dalam pendaftaran.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru