Gowaren, Gula Aren Cair Khas Bissoloro Diharap Tembus Pasar Nasional

Herni Amir
Minggu, 14 Mei 2023 12:45
Gowaren, Gula Aren Cair Khas Bissoloro Diharap Tembus Pasar Nasional
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, memperlihatkan produk Gowaren, gula aren cair khas Bissoloro yang diharapkan tembus pasar nasional. Foto/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Masyarakat Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa yang mayoritas bermata pencaharian sebagai pembuat gula aren, menghadirkan produk bernama Gowaren atau gula aren cair yang memiliki nilai jual tinggi.

"Gowaren hadir sebagai bentuk upaya kami untuk memajukan perekonomian masyarakat Bissoloro yang produksi gula arennya melimpah, sehingga kami berinovasi menjadikan gula aren ini lebih awet dan juga bernilai jual tinggi," kata Owner dari Gowaren, Kasmira Kasim.



Meskipun jauh dari ibukota kabupaten, Gowaren saat ini digunakan oleh banyak warkop dan kafe besar di Gowa, Takalar dan Makassar.

"Sejauh ini sudah kami pasarkan ke kafe, warkop, ada kurir khusus untuk mengantar. Kemudian di kemasannya itu tertera akun Instagram dan nomor WhatsApp untuk dihubungi jika ingin memesan dan kami antarkan dari wilayah Gowa dan Makassar," jelas Kasmira.

Melalui inovasi produk Gowaren ini, pihaknya memberdayakan masyarakat sekitar mulai dari pengolahan, pengemasan, hingga kurir atau pengantaran.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, berharap ke depannya inovasi produk lokal Gowaren atau gula aren cair khas Bissoloro ini bisa menembus pasar nasional.

"Peluang gula aren cukup besar di pasar nasional. Apalagi gula yang digunakan merupakan gula dengan kualitas terbaik yang hanya ada di Bissoloro," kata Mussadiyah.



Meskipun inovasi produk gula aren ini berawal dari usaha mandiri, namun peran TP PKK Bungaya dalam pemberdayaan UP2K ini dapat terus dilakukan dengan massif.

"Inikan awalnya usaha mandiri, namun dengan bimbingan PKK kecamatan, akhirnya sudah jauh lebih berkembang, terutama pada packagingnya. Diharapkan bimbingan PKK harus lebih massif lagi," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru