Tingkatkan Digitalisasi, Pemkab Maros Beri Bantuan Komputer ke Perpustakaan Desa

Najmi S Limonu
Senin, 29 Mei 2023 17:18
Tingkatkan Digitalisasi, Pemkab Maros Beri Bantuan Komputer ke Perpustakaan Desa
Bupati Maros AS Chaidir Syam dan Wakilnya Suhartina Bohari bersama kepala desa penerima bantuan komputer, Senin (29/5/2023). Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menyerahkan bantuan komputer kepada sepuluh perpustakaan desa. Bantuan disarahkan di Tribun Utama Pallantikang Maros, Senin (29/5/2023).

Bantuan diserahkan langsung Bupati AS Chaidir Syam dan Wakil Bupati Suhartina Bohari kepada kepala desa. Penyerahan disaksikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros Amiludin A dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Andi Baso Arman.

Penyerahan bantuan ini merupakan sebuah komitmen pemkab dalam menjadikan Maros sebagai Kabupaten Literasi.



Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros Amiludin A mengungkapkan, ada 10 kepala desa yang menerima bantuan Komputer Replika Mandari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) 2023.

"Kita sementara mendorong perpustakaan berbasis inklusi sosial. Ini sangat dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi masyarakat," ungkap Amiludin.

Menurutnya, perpustakaan berperan aktif dalam menjangkau masyarakat, bukan sekadar ruang untuk menyimpan buku. Perpustakaan bertransformasi menjadi inklusif, menjadi ruang publik bagi masyarakat untuk berlatih secara kontekstual, berlatih keterampilan dan berbagi pengalaman.



"Di sinilah peran kita memberikan bantuan digitalisasi berupa komputer bagi desa. Perpustakaan berbasis inklusi akan tercipta, dan masyarakat tidak lagi memiliki wadah untuk membaca tetapi juga memiliki wadah untuk berkegiatan ekonomi mikro demi peningkatan kesejahteraannya," beber Amiludin.

Sejalan dengan itu, Chaidir Syam mengatakan, melalui perpustakaan desa, masyarakat bisa membangun cognitive skill-nya.

"Kita cegah kemiskinan ekstrem ke depan. Tidak lagi ada miskin pengetahuan, juga tidak lagi ada masyarakat tidak berdaya," sebutnya.



Sekedar diketahui, kesepuluh desa penerima tersebut antara lain, Desa botolempangan Kecamatan Bontoa, Desa mattirotasi Kecamatan Maros Baru, Desa Mangeloreng Kecamatan Bantimurung, Desa barugae Kecamatan Mallawa dan Desa Barugae Kecamatan Mallawa.

Selain itu, ada Desa Tenrigangkae Kecamatan Mandai, Desa Baji Manggai Kecamatan Mandai, Desa Sambueja Kecamatan Simbang, Desa Pucak Kecamatan Tompobulu, Desa Benteng Gajah Kecamatan Tompobulu.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru