Semarak Puncak Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Sulsel di Pangkep

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 14 Feb 2023 19:38
Semarak Puncak Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Sulsel di Pangkep
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri Puncak Peringatan Bulan K3 di Aula Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, pada Selasa (14/2/2023). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri Puncak Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Aula Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, pada Selasa (14/2/2023). Orang nomor satu di Sulsel itu bahkan memimpin upacara Bulan K3, yang dihadiri ribuan peserta dari 78 perusahaan dan instansi pemerintahan lingkup provinsi ini.

Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Sulsel pada tahun ini berlangsung semarak. Beragam kegiatan dilaksanakan sebagai rangkaian acara. Mulai dari lomba rangking 1 yang diikuti 100 peserta, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis diikuti oleh 200 orang, kompetisi badminton diikuti sedikitnya 30 peserta dan bakal ada gelaran jalan santai anti-mager pada 24 Februari mendatang.



Tidak cuma itu, Puncak Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Sulsel juga dirangkaikan pemberian penghargaan kepada instansi-instansi yang telah menerapkan K3 dengan baik. Adapun kategori penghargaan meliputi Kinerja P2K3 Terbaik, Kinerja K3 Terbaik, Kepatuhan Normal Ketenagakerjaan, Zero Accident, P2 Covid-19, Personel K3 Terbaik dan Pelayanan Kesehatan Kerja.

Gubernur Sudirman dalam sambutannya menyampaikan, implementasi K3 sangat penting dan harus menjadi prioritas. Olehnya itu, didorongnya agar seluruh perusahaan lingkup Sulsel dapat konsisten menerapkan K3 guna meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Orang nomor satu di Sulsel itu juga berpesan kepada para pekerja untuk mengedepankan K3 dan selalu ingat keluarga saat bekerja. Disebutnya pula untuk menciptakan keamanan dalam bekerja, faktor yang sangat menentukan adalah latihan dan pengalaman.

Gubernur Sudirman pada kesempatan itu juga mengingatkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. "K3 ini menjadi tanggung jawab semua, karena dengan K3 yang baik, maka akan menjadi nilai (positif) bagi perusahaan," kata dia.

Sekadar diketahui, peringatan Bulan K3 Nasional dirayakan rentang 12 Januari-12 Februari 2023, dengan beragam kegiatan. Bulan K3 Nasional tahun ini mengangkat tema 'Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja'.

Sedangkan tema Bulan K3 di Sulsel yakni 'Terwujudnya Kelangsungan Usaha yang Mendukung Peningkatan Daya Saing Sulsel melalui Penugasan dan Penerapan Standar K3'.

Kepala Bidang Pengawasan Disnakertrans Sulsel, M Dedy, sebelumnya menyampaikan ada tiga poin penekanan tema Bulan K3 Nasional 2023. Pertama, pekerjaan yang tersedia bagi semua orang pada usia produktif, tanpa adanya diskriminasi kepada keterbatasan fisik dan atau gender.



Kedua, semua pekerja terlindungi secara sosial, dan terakhir alias ketiga yakni semua pekerja tersalurkan suara dan aspirasinya melalui sistem dialog sosial yang berharkat secara kemanusian.

Dedy menjelaskan pelaksanaan Bulan K3 Nasional 2023 di Sulsel banyak melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasi K3, promosi K3, dan pengembangan K3. "Kami mengajak kepada semua hadirin untuk senantiasa membudayakan K3 pada setiap tempat kerja serta pada setiap aktivitas kita," pungkasnya.
(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru