Permintaan Hewan Ternak Sapi Meningkat di Maros Jelang Idul Adha

Najmi S Limonu
Rabu, 14 Jun 2023 17:27
Permintaan Hewan Ternak Sapi Meningkat di Maros Jelang Idul Adha
Permintaan sapi untuk dijadikan kurban meningkatkan drastis di Kabupaten Maros jika dibandingkan tahun lalu. Foto: Sindo Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Jelang Hari Raya Idul Adha, peternakan sapi di Kabupaten Maros kebanjiran rezeki. Permintaan sapi untuk dijadikan kurban meningkatkan drastis jika dibandingkan tahun lalu.

Salah seorang pertenak di Kecamatan Moncongloe, Mansyur menyebutkan peningkatan permintaan ini dipengaruhi akibat meredanya virus COVID-19 yang sempat berdampak pada daya beli masyarakat.



"Jauh lebih banyak permintaan tahun ini, tahun lalu itu masih sedikit karena baru-baru selesai Covid-19," terangnya.

Dia menyebutkan, mendekati periode lebaran ini sudah ada 40 sapi yang terjual. Bahkan sapi yang tersisa di kandang, sudah dipesan oleh pembeli.

"Jika hari biasanya hanya 2-3 ekor saja yang laku, sekarang sudah sampai 40 ekor yang laku, di kandang sudah ada yang punya, nanti diambil kalau dekat lebaran," terangnya.

Mansyur membeberkan sapi yang dijual di peternakan ini ada dua jenis, yakni limousin dan sapi bali.

Sementara untuk harga sapi sendiri kata dia, harganya bervariasi, sapi bali dibanderol dari harga Rp12 juta hingga Rp24 juta. "Sementara sapi limousin dijual dari harga Rp24 juta,'" tuturnya.

Mansyur menyebutkan, untuk memastikan hewan ternak miliknya sehat, pihak dari Puskewan Maros telah melakukan pemeriksaan pada untuk mengantisipasi penyebaran virus pada ternaknya.



Makanya dia menjamin, seluruh hewan ternaknya aman dan siap disembelih pada Idul Adha mendatang. "Seluruh sapi yang ada disini sudah diperiksa, sudah divaksin dan diberi tanda di telinganya bahwa sudah siap dipotong," terangnya.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru