2.336 Hektare Sawah di Maros Terendam Banjir, Tersebar di 8 Kecamatan

Najmi S Limonu
Rabu, 15 Feb 2023 17:13
2.336 Hektare Sawah di Maros Terendam Banjir, Tersebar di 8 Kecamatan
Ribuan hektare sawah di Kabupaten Maros terendam banjir, tersebar di delapan kecamatan. Foto/Ilustrasi/iStockphoto
Comment
Share
MAROS - Sebanyak 2.336 hektare sawah di Kabupaten Maros terendam banjir sejak Senin (13/2/2023). Hal ini disampaikan kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros, Agustam pada Rabu (15/2/2023).

"Total 2.336 hektar sawah yang terdampak. Tersebar di 8 kecamatan yakni, Moncongloe, Bontoa, Bantimurung, Turikale, Maros Baru, Lau, Simbang dan Tanralili," kata dia.



Agustam menyebutkan, kecamatan dengan lahan persawahan yang banyak terendam adalah Turikale, Maros Baru dan Bantimurung.

"Ada tiga wilayah yang terdampak cukup parah yakni Turikale 589 hektar, Maros Baru 568 hektare dan Bantimurung 375 hektar " terangnya.

Dia melanjutkan pihaknya belum bisa memastikan berapa luas lahan yang gagal panen.

"Sekarang masih status tergenang, 3-7 hari ke depan kita lagi perkembangannya, mudah-mudahan cepat surut agar tidak puso," ucapnya.

Diketahui, selain area persawahan, sejumlah rumah dan bangunan sekolah juga terdampak banjir kali ini. Bahkan area jalan poros maupun penghubung antar kecamatan juga dilaporkan sempat tergenang air.

Kepala BPBD Maros, Fadli, mengungkapkan hingga saat ini belum ada warga yang dievakuasi ke posko induk di Kantor BPBD Maros.



Sebagian besar warga masih bertahan di rumah masing-masing atau mengungsi ke rumah keluarganya. "Kalau di posko induk belum ada. Tapi yang ada tadi malam 14 warg di kalabbirang diungsikan ke kantor camat Bantimurung," ujarnya.

Dia menyebutkan, pemerintah daerah memang sudah menginstruksikan kepada pemerintah desa hingga kecamatan untuk menyediakan posko tanggap bencana. "Yang lokasinya di tempa yang dianggap aman bila ternjadi banjir," tutupnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru