Golkar Sulsel Dorong Satu Nama Cawabup Lutim ke Bupati Budiman, Taqwa Muller?

Ahmad Muhaimin
Kamis, 16 Feb 2023 07:30
Golkar Sulsel Dorong Satu Nama Cawabup Lutim ke Bupati Budiman, Taqwa Muller?
Taufan Pawe bersama Budiman mendampingi Ketum DPP Golkar, Airlangga Hartarto saat berkunjung ke PT Vale di Lutim beberapa waktu lalu. Foto: Humas Golkar Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Persaingan dua calon wakil bupati (Wabup) Luwu Timur (Lutim) antara Taqwa Muller dan Akbar Andi Leluasa makin sengit. Apalagi keduanya merupakan kader dari Partai Golkar.

Lobi-lobi Taqwa dan Akbar sudah sangat gencar ke para pemilik suara. Keduanya akan menjalani pemilihan Wabup Lutim dengan memperebutkan suara dari 30 anggota DPRD.

Golkar Sulsel pun harus turun tangan pada proses ini. Ketua DPD I, Taufan Pawe (TP) kabarnya sudah mengumpulkan DPD II dan Fraksi DPRD Lutim untuk menyepakati satu nama saja. Meski Taqwa dan Akbar sama-sama dari Beringin.

"Pak Ketua (Taufan Pawe) sudah ketemu dengan fraksi dan pengurus Luwu Timur dan sudah bertemu dengan Pak Bupati Budiman. Intinya sudah bersepakat mengenai calon pendamping Pak Bupati Luwu Timur dan InsyaAllah kita tunggu nanti awal Maret," kata Juru Bicara Golkar Sulsel, Zulham Arief kepada awak media.



Pada pertemuan itu, TP dikabarkan mendorong nama Taqwa ke Budiman. Dibanding Akbar, Taqwa ialah Cawabup Lutim yang mengikuti tahapan yang dilaksanakan Golkar di Sulsel. Nama mantan anggota DPRD Sulsel ini diusulkan mulai dari DPD II, DPD I sampai ke DPP.

Soal kabar TP mendorong nama Taqwa ke Budiman, Zulham tak menepisnya. "Pak Bupati sudah bersepakat satu nama. Kalau mau jelasnya lebih baik hubungi pak bupati (Budiman)," ujarnya.

Kesepakatan itu tidak berhenti dengan Bupati Budiman dan Fraksi Golkar saja. Melainkan dengan mayoritas anggota DPRD Lutim yang merupakan pemilik suara.

"Kan kalau sudah bersepakat itu, tidak hanya sepakat dengan kedua belah pihak. Itu dibarengi dengan konsolidasi dengan pemilik suara dengan partai dengan beberapa fraksi yang ada," jelas Zulham.

Selama ini, Taqwa memang selalu dibantu TP dalam proses pemilihan Cawabup Lutim. Khususnya saat pengurusan rekomendasi DPP di Jakarta. Taqwa bersama-sama TP, Budiman dan Ketua DPD II Golkar Lutim Aripin.


“Iya, Pak TP memang selalu mangawal kami saat mengurus rekomendasi di DPP. Betul (ada Budiman), karena saat itu ada acara rakornas kepala daerah di Jakarta,” ungkap Taqwa saat dihubungi terpisah, Rabu (15/2) kemarin.

Soal dukungan DPD I, Taqwa mengaku sikap itu wajar. Sebab menurutnya, Golkar Sulsel melihat sejarah yang terjadi pada Pilkada Lutim 2020 lalu. Dimana dirinya ikut berkeringat memenangkan pasangan Thoriq Husler dan Budiman.

“Sepertinya DPD I tentu melihat history ya. Bahwa yang berhak menggantikan dan melanjutkan perjuangan almarhum (Husler) ialah adiknya. Apalagi kami juga ikut berjuang memenangkan beliau,” jelas Taqwa

(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru