Bawaslu Luwu Timur Gelar Siaga Pengawasan Pemilu 2024

fitra budin
Selasa, 14 Feb 2023 16:30
Bawaslu Luwu Timur Gelar Siaga Pengawasan Pemilu 2024
Pembukaan Siaga Pengawasan Pemilu 2024 yang dilaksanakan Bawaslu Luwu Timur. Foto/Fitra Budin
Comment
Share
LUWU TIMUR - Bawaslu Luwu Timur menggelar kegiatan Siaga Pengawasan dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Selasa (14/2/2023). Kegiatan itu dihelat di Aula Hotel I Lagaligo, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah stakeholder Pemilu dari Bawaslu, KPU, Kapolres, Kajari, Dandim 1403 Sawerigading, FKUB, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Gereja, GP Ansor, Nasyiatul Aisyiyah, Pimpinan Daerah Aisyiyah, dan Pimpinan Cabang NU Luwu Timur.

Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rachman Atja pada sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan penguatan dalam pengawasan Pemilu 2024. Sekaligus bertujuan untuk terus meningkatkan sinergi antara lembaga dan masyarakat.

"Kami juga mengajak komponen bangsa untuk melakukan pengawasan menyukseskan Pemilu 2024 mendatang," kata dia.

Baca juga: Dua Calon Wakil Bupati Luwu Timur Bakal Ikut Uji Publik

Rachman mengatakan, saat ini Bawaslu Luwu Timur telah telah melengkapi struktur pengawasan. Masing-masing 33 orang pengawas tingkat kecamatan dan 128 orang tingkat kelurahan/desa.

"Selain itu, kita ditopang oleh sekertariat dan pegawai non pemerintah, sehingga ditotalkan 272 orang pengawas pemilu," tambah Rachman.

Pada kegiatan ini juga dilakukan beberapa agenda lain. Seperti soft launching komunitas digital pengawasan partisipatif "Jarimu Awasi Pemilu". Lalu launching posko Kawal Hak Pilih dan Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas.

"Hari ini kita ada aplikasi yang di-launching, di mana ada 'Jari Mu Awasi Pemilu', ada juga deklarasi Pemilu damai dan berintegritas, karena kami juga menyadari bahwa Bawaslu tidak kuasa tanpa dukungan semua pihak," kata Rachman.

Baca juga: Bawaslu Lutim Gelar Raker Teknis Penanganan Pelanggaran Pemilu

Rachman juga menambahkan, aplikasi Jari Mu Awasi Pemilu bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan pelanggaran-pelanggaran Pemilu.

"Dengan aplikasi tersebut nanti bisa digunakan masyarakat untuk melakukan pengawasan, apabila ada pelanggaran pemilu namun jaraknya jauh dari Bawaslu bisa menggunakan aplikasi ini untuk cepat melaporkan," kata dia.
(RPL)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Sulsel
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Pengadu ialah warga Maros, Andry Ridwan.
Kamis, 04 Jul 2024 15:59
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Bawaslu Provisi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumpulkan komisioner dan Kepala Sekretariat 24 kabupaten/kota untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi berkaitan kesekretariatan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 11:35
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Sulsel
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur yang menekankan pentingnya pemilihan yang adil, menghargai kedaulatan pemilih, dan bebas dari kekerasan serta hoaks.
Rabu, 03 Jul 2024 20:34
Temui Pj Gubernur Sulsel, Bawaslu Bahas Kendala Pencairan Dana Hibah
Sulsel
Temui Pj Gubernur Sulsel, Bawaslu Bahas Kendala Pencairan Dana Hibah
Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli menggelar pertemuan dengan PJ Gubernur Sulsel Prof, Zudan Arif Fakrulloh di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar kemarin. Pertemuan tersebut membahas sejumlah perkembangan terkait pengawasan pemilihan serentak 2024.
Rabu, 03 Jul 2024 17:22
Berita Terbaru