Badan Ad Hoc PPK dan PPS Diminta Masif Sosialisasi Pemilu 2024

Justang Muhammad
Sabtu, 08 Jul 2023 14:30
Badan Ad Hoc PPK dan PPS Diminta Masif Sosialisasi Pemilu 2024
Sosialisasi Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bone. Foto: SINDO Makassar/Justang Muhammad
Comment
Share
BONE - KPU Kabupaten Bone menggelar Sosialisasi Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bone dalam Rangka Pemilihan Tahun 2024.

Pada kegiatan tersebut, Badan Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) diminta masif melaksanakan sosialisasi Pemilu 2024.

Kegiatan yang dihadiri PPK se-Bone tersebut berlangsung di Hotel Helios Bone, Jalan Langsat, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone, Jumat (7/7/2023).

Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin yang membuka kegiatan menuturkan Badan Ad Hoc PPK dan PPS menjadi ujung tombak KPU untuk terus mensosialisasikan Pemilu 2024, termasuk didalamnya Dapil dan alokasi kursi.



"Dari 78 persen partisipasi secara nasional Pemilu 2019, ke depan partisipasi harus naik, harus kompak, harus membangun kolaborasi dengan mitra kerja, kuncinya harus banyak sosialisasi," kata Yusran Tajuddin.

Dia mengajak PPK untuk menciptakan Pemilu berkualitas dan berintegritas dengan memenuhi sejumlah unsur.

"Mulai dari pelaksanaan Pemilu sesuai regulasi yang ada, kemudian peran penyelenggara Pemilu, peran pemerintah memberikan dukungan, peran peserta pemilu partai politik, dan partisipasi dari masyarakat," kata Yusran yang juga eks Komisioner PKK Tellu Siattinge ini.

Dalam kesempatan tersebut, Yusran juga memperkenalkan diri dan komisioner KPU Bone yang baru terpilih beberapa waktu lalu. Yusran Tajuddin sendiri yang menjabat Ketua KPU Bone, Kordiv Keuangan, Umum, dan Rumah Tangga. Kemudian Zaenal, Kordiv Teknis Penyelenggaraan, Nuryadi Kadir, Kordiv Perencanaan, Informasi, dan Data.



Selanjutnya, Abdul Asis, Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, dan SDM. Dan Rusnaedi, Kordiv Hukum dan Pengawasan.

Sementara itu Komisioner KPU Bone Kordiv Teknis Penyelenggaraan Zaenal menuturkan Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bone dalam rangka Pemilihan 2024 sangat penting untuk disebarluaskan.

"Dari lima Dapil di Kabupaten Bone, ada dua Dapil mengalami pergeseran jumlah kursi, yakni di Dapil 2 dari 8 kursi menjadi 9 kursi, dan Dapil 5 ada penurunan kursi, dari 10 kursi menjadi 9 kursi," kata Zaenal.

Dia menjelaskan pergeseran jumlah kursi itu lantaran adanya penambahan penduduk dan penurunan penduduk signifikan.

Adapun alokasi kursi berikut Dapil Kabupaten Bone untuk Pemilu 2024



Dapil 1
Kecamatan Palakka, Tanete Riattang Barat, Tanete Riattang Timur dan Kecamatan Tanete Riattang (10 kursi).

Dapil 2
Kecamatan Tonra, Mare, Sibulue, Barebbo, Cina dan Ponre (9 kursi).

Dapil 3
Kecamatan Bontocani, Kahu, Kajuara, Salomekko, Libureng, dan Kecamatan Patimpeng (9 kursi).

Dapil 4
Kecamatan Lappariaja, Lamuru, Ulaweng, Amali, Tellu Limpoe dan Kecamatan Bengo (8 kursi).

Dapil 5
Kecamatan Awangpone, Tellusiattinge, Ajangale, Duab Boccoe, dan Kecamatan Cenrana (9 kursi).
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru