101 Mahasiswa Unhas KKN Tematik di Kabupaten Gowa

Herni Amir
Minggu, 09 Jul 2023 19:16
101 Mahasiswa Unhas KKN Tematik di Kabupaten Gowa
Penerimaan mahasiswa KKN Unhas di Kabupaten Gowa. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Permukiman dan Pertanahan bersama Pemerintah Kecamatan Somba Opu menerima 101 mahasiswa KKN Tematik Infrastuktur PUPR Gowa Universitas Hasanuddin (Unhas) di Aula Kantor Camat Somba Opu, Jum'at (7/7).

Koordinator KKN Tematik PUPR Gowa Universitas Hasanuddin M Yahya Sirajuddin menuturkan, 101 mahasiswa KKN Tematik ini akan dipantau langsung oleh tiga dosen pembimbing.

Terkait program kerja, para mahasiswa akan menyasar semua kelurahan dan siap mengabdi. Unhas kata dia ingin secara kolektif menyelesaikan infrastruktur, bukan secara parsial tetapi secara menyeluruh untuk Kecamatan Somba Opu.



"Karena jurusannya infrastruktur pemukiman, maka akan disasar kegiatan-intra permukiman, persampahan, sanitasi lingkungan, penguatan kelembagaan, yang utama sebenarnya di masyarakat kita biasanya ada kegiatan fisik oleh Kementerian PUPR sehingga penting untuk sistem lanjutannya dijaga," terang M Yahya.

Dia menyampaikan, berdasarkan database dari Kementerian, pihak kampus sudah berkonsultasi ke Bina Teknik Permukiman dan Perumahan yang ada di Kementerian PUPR. Hasilnya, kegiatan-kegiatan khusus untuk Sulsel dilakukan di 3 kabupaten/kota yakni Gowa, Parepare dan Maros.

M Yahya berharap, 101 mahasiswa ini bisa turun ke masyarakat untuk menjadi pendamping dan menjadi bahan untuk pengabdian masyarakat dari kampus untuk memberikan keilmuannya dan memberikan pendampingan terkait aspek teknis terkait dengan infrastruktur.



Sementara itu, Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin menuturkan, Bupati Gowa menyambut baik kedatangan para mahasiswa KKN Tematik Infrastruktur PUPR Gowa di Kecamatan Somba Opu.

"Kabupaten Gowa ini merupakan daerah yang dulu kata orang sebagai penyangga kota Makassar tetapi sekarang bukan lagi sebagai penyangga, tetapi sudah menjadi bagian dari Kota Makassar karena penduduknya hampir sebagian besar ataupun 40% penduduknya itu tentu kerja di Kota Makassar tapi domisili di Kabupaten Gowa ini," kata Abdullah.

Kata Abdullah, hadirnya mahasiswa KKN di lokasi yang disebut sebagai barometer Kabupaten Gowa ini diharapkan mampu menciptakan produk KKN yang berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.



Di samping itu, Camat Somba Opu, Agussalim menuturkan para mahasiswa akan turut serta berperan pada setiap kegiatan yang ada di kelurahan maupun di kecamatan. Dirinya berharap, bahwa dalam penyusunan program kerja nantinya dapat melihat kondisi wilayah.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru