Poltekpar Makassar Beri Bimbingan ke Pengelola Desa Wisata Parepare dan Pinrang

Tim Sindomakassar
Senin, 17 Jul 2023 16:33
Poltekpar Makassar Beri Bimbingan ke Pengelola Desa Wisata Parepare dan Pinrang
Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin pada Bimtek Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata pada 14-15 Juli 2023. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar melaksanakan bimbingan teknis Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata di Hotel Satria Wisata, Kota Parepare, 14-15 Juli 2023.

Bimbingan teknis ini mengangka tema "Ekonomi Tumbuh dan Bangkit Melalui Desa Wisata yang Terkelola Dengan Baik".

Mengawali bimtek, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Poltekpar Darmayasa melaporkan, kegiatan ini diikuti 30 peserta yang merupakan pengelola desa wisata dan daya tarik wisata yang di wilayah Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang.



Menurut Darmayasa, kegiatan ini juga merupakan realisasi program kerja Poltekpar Makassar dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam pengembangan potensi desa wisata yang ada di Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang.

Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin mengatakan, Poltekpar Makassar sebagai satu-satunya perguruan tinggi Kepariwisataan berstatus negeri di wilayah Timur Indonesia berusaha membantu pengembangan sektor kepariwisataan, khususnya desa wisata.

“Delapan Program Studi yang ada Poltekpar Makassar terbuka untuk melakukan kolaborasi dalam pengabdian kepada masyarakat baik melalui pemerintah kota maupun secara langsung antar desa wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata yang ada di daerah masing-masing, sehingga kedepan akan lahir desa desa wisata dari kota pare-pare atau kabupaten pinrang yang berhasil meraih ADWI sebagaimana desa wisata yang telah bekerjasama dan menerima pembinaan dari poltekpar makassar,” ungkapnya.



Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare Amarun Hamka yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, selain menggelar kegiatan Bimbingan Teknis, ia berharap Poltekpar Makassar melanjutkan kerja sama yang telah terjalin selama ini terutama dalam pendampingan dan perancangan pengembangan destinasi yang ada di Kota Parepare.

Sementara itu Safruddin, peserta yang merupakan Pengelola Kawasan Pantai Lawere Pinrang mengatakan selain menggelar bimbingan teknis seperti yang diikutinya tersebut dirinya berharap kedepannya akan ada program pendampingan dan pembinaan bagi masyarakat desa seperti KKN tematik atau studi lapangan atau sejenisnya yang dilaksanakan oleh Poltekpar Makasar sehingga dapat meningkatkan mutu dan keterampilan sumber daya manusia yang ada di desanya.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini menghadirkan narasumber dari Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata Kota Parepare, Amarun Hamka yang membawakan materi “Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Parepare”. Andi Yuwono selaku Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia membawakan materi “Tata Kelola Destinasi Wisata”.



Serta Muhammad Arifin membawakan materi “Pelayanan Prima, Hygiene & Sanitasi di Desa Wisata” dan Margaretha W Rante membawakan materi “Identifikasi Potensi Desa Wisata”.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru