Festival Hafiz di Parepare Diharapkan Cetak Penghafal Al-Qur'an Andal

Darwiaty Dalle
Jum'at, 13 Okt 2023 09:47
Festival Hafiz di Parepare Diharapkan Cetak Penghafal Al-Qur'an Andal
Ketua TP PKK Parepare Erna Rasyid Taufan menghadiri Festival Hafiz 2023 untuk jenjang sekolah tingkat menengah se-Kota Parepare. Foto/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Rabu (11/10/2023) lalu, menyelenggarakan Festival Hafiz 2023 untuk jenjang sekolah tingkat menengah se Kota Parepare.

Kegiatan dibuka Pembina Majelis Anak Sholeh yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan (Erat).

Erna dalam sambutanya berharap, kegiatan bisa mencetak penghafal Al-Qur'an yang andal, dan semakin menguatkan predikat Parepare, sebagai kota santri.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Makmur, mengatakan, pelaksanaan hafiz yang digelar merupakan rangkaian sejumlah kegiatan, di antaranya tahfiz camp, Maulid Nabi Muhammad SAW, Webinar hafiz dan lomba hafiz.

"Kita beri nama Hafiz Camp. Jadi kita ke satu sekolah mulai dari SMP 13 ke SMP 1 itu melakukan hafiz camp dengan mendatangkan guru-guru agama yang terbukti bisa memberikan trik-trik bagaimana anak-anak kita supaya menghafal Quran lebih cepat dan tahan lama, " Makmur menjelaskan.

Kegiatan, kata Makmur lagi, dilaksanakan secara bertahap yang dimulai dari dua sekolah tersebut. Dan hafiz camp, ujarnya, akan terus dilakukan di beberapa sekolah yang ada di Parepare.

"Kita juga menghadirkan AGPAI, agar kehadiran guru-guru pendidikan agama islam ini mampu menjadi penyambung informasi ke sekolah-sekolahnya. Mudaha-mudahan apa yang dilakukan di dua sekolah untuk tahap awal ini, bisa dilakukan di sekolahnya, " papar Makmur.

Program Hafiz ini sambungnya, juga merupakan salah satu program Walikota Parepare dari sekian banyak inovasi yang dilahirkan di masa kepemimpinannya untuk mewujudkan Parepare sebagai kota santri.

Makmur menambahkan, lomba hafiz yang dilakukan, ternyata memiliki banyak peminat, yaitu sebanyak 153 orang dan telah diumumkan 20 orang pemenang dari lomba hafiz tersebut.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru