Harga Sembako di Kabupaten Bone Terus Dipantau Jelang Ramadan

Justang Muhammad
Jum'at, 24 Feb 2023 15:25
Harga Sembako di Kabupaten Bone Terus Dipantau Jelang Ramadan
Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi saat melakukan pemantauan harga di sejumlah pasar di Bone. Foto: Sindo Makassar/Justang Muhammad
Comment
Share
BONE - Harga sembilan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Bone, terus dipantau jelang Bulan Suci Ramadan tahun ini. Bahkan pemerintah telah menyiapkan upaya untuk mengantisipasi lonjakan harga.

Bahkan Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi, turun langsung memantau Harga Terpadu menjelang Bulan Suci Ramadhan di Pasar Bajoe di Kecamatan Tanete Riattang Timur dan Pasar Sentral Palakka di Kecamatan Tanete Riattang Barat, Jumat (24/02/2023).



Pada kegiatan pemantauan tersebut, turut hadir Dandim 1407 Bone, Dandenpom Bone, Kepala BPS Bone, Kepala Bulog serta Kepala OPD terkait.

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi mengatakan, dari hasil uji petik yang dilakukan hari ini, ada beberapa perimbangan harga.

"Beberapa kenaikan harga tentu tidak mempengaruhi animo masyarakat untuk Membeli. Dari pemantauan ini kita akan menggelar pasar murah menjelang Ramadan nantinya," jelas Bupati Bone usai operasi harga jelang Ramadan di Pasar Palakka Bone, Jumat (24/2/2023).

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Bone, H Andi Asman Sulaiman menuturkan stok beras di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan surplus dipastikan aman jelang dan pasca Ramadan 1444 Hijriah/ tahun 2023.



"Saat ini kita punya cadangan beras lebih 756 ribu ton hasil produksi tahun 2022-2023, sementara konsumsi masyarakat kabupaten Bone dengan 800 ribuan penduduk, hanya sekitar 90 ribu ton beras per tahun," kata Andi Asman Sulaiman.

Dia menambahkan, lantaran stok beras aman diikuti dengan harga beras di Kabupaten Bone masih terjamin di harga normal.

"Harga beras kita masih di angka Rp8-9 ribu. Gabah di harga Rp6 ribuan. Itu masih dikategorikan normal," tambahnya.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru