Bandara Sultan Hasanuddin Akan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Najmi S Limonu
Selasa, 28 Nov 2023 08:11
Bandara Sultan Hasanuddin Akan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat
PKD yang dilaksanakan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar akan menggelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-113 pada Kamis 30 November.

PKD akan dilaksanakan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Latihan ini dilakukan berdasarkan Undang-undang No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, di mana pengelola bandara diminta untuk melakukan kegiatan PKD secara berkala.

Dalam menangulangi keadaan darurat, pengelola bandara bekerja sama dengan pihak komunitas bandara seperti TNI AU, Kepolisian, Otoritas Bandara, Perum LPPNPI, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Beacukai, Maskapai, dan beberapa rumah sakit sekitar bandara.

“Latihan PKD dilaksanakan untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando antar unit dan instansi dimana prosedurnya telah tertuang dalem Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara, Dokumen Program Keamanan Bandar Udara," ujar General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Taochid Purnomo Hadi.

Dia menjelaskan, akan ada 3 jenis latihan yang akan berlangsung, yaitu Kecelakaan Pesawat, Kebakaran Gedung Terminal, dan Penanganan Keamanan.

“Lokasi latihan akan bertempat di area sisi udara, terminal, dan sisi darat bandara. Operasional Bandara akan tetap beroperasi normal. Untuk itu kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya, dan menghimbau agar penumpang tidak panik serta ikuti arahan petugas bandara," tambah Taochid.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru