Dinas Pertanian Palopo Salurkan Bibit ke Kelompok Wanita Tani

Chaeruddin
Senin, 04 Des 2023 07:58
Dinas Pertanian Palopo Salurkan Bibit ke Kelompok Wanita Tani
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani didampingi Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Muh Ibnu Hasyim berikan bantuan bibit ke Kelompok Wanita Tani. Foto: Chaeruddin)
Comment
Share
PALOPO - Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) Kota Palopo kembali menyalurkan pelbagai bibit tanaman holtikultura ke Kelompok Wanita Tani (KWT).

Penyaluran ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga serta menjaga lonjakan inflasi di daerah.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Muh Ibnu Hasyim, mengatakan, mereka kembali memberikan bantuan bibit ke sejumlah KWT, diserahkan langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani.

"Baru saja Pak Wali serahkan bibit cabe, bayam, kangkung, kacang panjang, kembang kol, kubis, timun, selada, pakcoy beserta polybag untuk 4 KWT di 4 kecamatan," ungkap Muh Ibnu Hasim, baru-baru ini.

Empat Kelompok Wanita Tani yang diberikan bantuan, KWT Mekar di Kelurahan Tobulung, KWT Kreatif di Kelurahan Maroangin, KWT Wae Asin di Kelurahan Sendana dan KWT Patiware di Kelurahan Salotellue, masing-masing di Kecamatan Bara, Telluwanua, Sendana dan Wara Timur.

"Kita mengajak secara masif ke semua Kelompok Tani Wanita yang ada di Kota Palopo untuk kembali melakukan kegiatan penanaman sayuran dan cabe untuk konsumsi masyarakat dan kelompok serta pemenuhan kebutuhan sayuran di Kota Palopo," ujarnya.

Dalam penyerahan bantuan bibit cabe dan sayuran tersebut, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, juga ikut menanam bersama pata KWT di lokasi masing-masing. Asrul Sani, melakukan peninjauan, melihat langsung perkembangan usaha pertanian KWT di setiap kecamatan dan memberikan bantuan.

"Pemberian bantuan bibit cabe dan sayuran merupakan satu dari upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan terkait dengan inflasi. Karena inflasi itu terjadi di Kota Palopo mulai dari sayur-sayuran dan cabe," ujarnya.

Menurutnya, tanah di Kota Palopo sangat subur, bahkan bisa dimanfaatkan dalam kondisi kemarau sekalipun. Apalagi, lahan kosong di Kota Palopo masih cukup luas, terlebih hanya untuk tanaman cabe dan sayuran untuk lokasi pekarangan rumah.

"Kita akan edukasi ibu-ibu KWT, bagaimana cara menanam yang benar. Kita akan mengembangkan dan menggalakkan untuk menanam sayur di beberapa tempat, seperti tadi yang kita lihat masih ada beberapa lahan kosong sehingga nanti itu kita akan coba membuatkan program pemanfaatan pekarangan dan kita mulai tahun depan," lanjutnya.

Selain kunjungan ke KWT Pj Wali Kota Palopo juga melakukan kunjungan produk IKM di Kawasan Industri Palopo (KIPA) di Kecamatan Telluwanua, dimana produk tersebut hasil olahan dari ibu-ibu dan produk ini bukan hanya sekedar jadi pameran tapi juga dijual.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru