Wali Kota Parepare Dorong Dewan Pendidikan jadi Forum Berwawasan Berkelanjutan

Darwiaty Dalle
Senin, 27 Feb 2023 18:01
Wali Kota Parepare Dorong Dewan Pendidikan jadi Forum Berwawasan Berkelanjutan
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat membuka Rakor Dewan Pendidikan Tingkat Provinsi Sulsel i Auditorium BJ Habibie Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Senin (27/2/2023). Foto/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mendorong Dewan Pendidikan Parepare menjadi forum berwawasan berkelanjutan. Hal itu disampaikan oleh Taufan saat Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang digelar di Auditorium BJ Habibie Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Senin (27/2/2023).

Taufan menjelaskan kegiatan tersebut menjadi tanggung jawab bersama. Toh, pendidikan merupakan hak dasar, sehingga pemerintah harus selalu hadir. Forum berwawasan berkelanjutan, kata dia, harus dilakukan secara berkala agar semuanya bisa melihat progres supaya organisasi ini kuat dan tangguh.



"Karena, forum ini menjadi tanggung jawab bersama untuk menumbuhkembangkan pendidikan itu sendiri," ungkap Taufan, saat membuka kegiatan bertema 'Pengembangan Literasi Digital melalui Penguatan Program Smart School' itu.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam memajukan pendidikan di Parepare, kata Taufan, pihaknya bekerja sama dengan Gakken dari Negara Jepang melalui program Gakken After School pada 80 SD. Selain itu, hadirnya ITH merupakan bukti nyata keseriusan pihaknya dalam memajukan pendidikan Parepare.

"Saya berharap forum ini dijadikan forum yang berwawasan berkelanjutan. Dan saya bangga karena Parepare dijadikan tuan rumah," ujarnya.

Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Andi Suryadi Culla, pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan ini merupakan program rutin tahunan, yang sempat terhenti saat pandemi. Kegiatan ini, kata dia, kembali berjalan pada 2022 di Kabupaten Bone, yang temanya fokus pada penguatan kemitraan.

Suryadi menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk penguatan kelembagaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Selain itu, kata dia, juga untuk penguatan program, dan sinergitas antara provinsi dengan kabupaten dan kota yang ada di Sulsel.



"Digitalisasi menjadi tantangan besar saat ini, namun juga diperhatikan terkait humanisasi. Maksudnya tidak hanya kemajuan digital tapi juga karakter manusia perlu diperhatikan," ungkapnya.

Suryadi menambahkan BJ Habibie sebagai pemimpin negara yang lahir di Parepare, tentunya menjadi keteladanan dalam dunia pendidikan, dan menjadi inspirasi terhadap perkembangan pendidikan di Sulsel. "Sangat tepat bagi kami menjadikan Parepare sebagai lokasi rakor pada tahun ini. Semoga menjadi berkah bagi kami," tukasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru