Ayo Bantu Lawan Kecurangan! Masyarakat Boleh Foto C1 Hasil Perhitungan Suara di TPS

Tim Sindomakassar
Kamis, 08 Feb 2024 20:37
Ayo Bantu Lawan Kecurangan! Masyarakat Boleh Foto C1 Hasil Perhitungan Suara di TPS
Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Saiful Jihad. Foto: Muhaimin
Comment
Share
MAKASSAR - Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Saiful Jihad mengizinkan masyarakat untuk memfoto hasil C1 atau hasil perhitungan surat suara di TPS.

Bahkan memfoto hasil C1 adalah bagian dari pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap jalannya. Selain itu, langkah ini sebagai upaya untuk melawan potensi kecurangan.

“Silakan difoto jangan dilarang, kalau dilarang maka akan dianggap pelanggaran administrasi. Hasil C1 itu harus dipublikasikan dan menjadi milik publik,” kata Saiful usai acara Coffee Morning yang digelar Bawaslu Sulsel, di Hotel Claro Kota Makassar, Kamis 8 Februari 2024.

Saiful mengatakan, yang dilarang adalah membawa HP dalam bilik suara, kemudian memfoto saat mencoblos surat suara.

“Yang dilarang foto ketika masuk di bilik suara kemudian memfoto, kalau hasil C1 kan dipublikasi dan itu menjadi milik publik,” ujarnya.

Selain itu, Bawaslu Sulsel akan berupaya mencegah tindak kecurangan yang berpotensi terjadi ketika hari H pemilihan pada 14 Februari 2024 nantinya.

“Kita akan memperketat pengawasan dan juga melibatkan saksi partai. Kita juga sudah petakan, ini yang penting diawasi dan kita akan titip saksi, supaya menjadi atensi sama-sama,” pungkasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru