Informasi Berlangganan Koran SINDO Makassar

Poltekpar Makassar Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Internal Para Pegawai

Tim Sindomakassar
Jum'at, 09 Feb 2024 21:10
Poltekpar Makassar Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Internal Para Pegawai
Penyerahan cendera mata kepada pembicara Public Speaking and Great Personality. Foto: Istimewa
Comments
MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menyelenggarakan kegiatan pengembangan kapasitas pegawai “Public Speaking and Great Personality” di Hotel Claro Makassar, Minggu 4 Februari 2024 lalu.

Kegiatan diawali dengan laporan kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Umum Muhammad Arfin Muh Salim. Dalam laporannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 167 orang yang terdiri dari pegawai dan dosen serta persatuan Dharma Wanita Poltekpar Makassar.

Kegiatan itu menghadirkan Sri Sumahardani yang merupakan Trainer sekaligus Owner & Founder Sri Sumahardani Academy Public Speaker Profesional.

Herry Rachmat Widjaja selaku Direktur Poltekpar Makassar dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan yang ini bertujuan mendorong kapabilitas seluruh pegawai Poltekpar Makassar agar terus lebih baik dan mampu membangun komunikasi internal agar tercipta suasana kerja yang lebih harmonis dan kondusif.



Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai yang diharapkan dapat berdampak pada kualitas pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat.

“Public speaking tentu hal yang umum untuk kita ketahui namun melalui kegiatan ini tidak salah jika me-refresh kembali wawasan dan skill kita terkait hal tersebut, sehingga hal-hal yang kita pelajari hari ini dapat diimplementasikan dalam keseharian kita. Setelah pelatihan ini kami berharap semua berani untuk tampil dihadapan publik dan percaya diri. Dengan materi Great Personality yang diberikan oleh narasumber dapat mengubah kita menjadi pribadi yang menyenangkan," ia menjelaskan.

Dalam paparannya Sri Sumahardani mengatakan berdasarkan survei hanya 10% yang menyukai public speaking, 10% lainnya sangat takut melakukan public speaking, dan 80% merasa khawatir serta cemas melakukanb public speaking.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa tujuan belajar public speaking adalah untuk melakukan komunikasi persuasif yang diharapakn mampu mempengaruhi dan mengubah sikap dan perilaku agar bertindak sesuai yang diharapkan oleh komunikator.

Baca juga: Poltekpar Makassar Beri Pelatihan ESQ ke Mahasiswa Baru

“Dalam melakukan public speaking dibutuhkan niai performa yang tinggi, adapun nilai-nilai yang dibutuhkan adalah pertama kesiapan, dimana komunikator dalam menyampaikan pesan siap secara fisik dan mental. Kedua adalah bersungguh-sungguh yakni dengan antusias saat berbicara. Ketiga tulus yang mana dalam menyampaikan pesan jangan ada yang ditutup-tutupi. Nilai keempat adalah percaya, kelima tenang, keenam ramah yaitu harus melekat dalam diri kita bukan hanya dipanggung, dan yang ketujuh adalah sederhana yakni menggunakan istilah atau kata-kata yang mudah dipahami,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh peserta dengan antusias, peserta aktif mengikuti instruksi yang diarahkan oleh narasumber bahkan beberapa kali narasumber menunjuk peserta untuk mempraktekkan secara langsung apa yang diajarkan.

Rachmanysah salah seorang peserta yang merupakan Staf Humas Poltekpar Makassar mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya karena menjadi kesempatan yang berharga untuk meningkatkan kemampuan public speaking-nya terutama untuk menunjang tugasnya sabagi Humas yang harus berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang banyak.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru
Comments