KPU Wajo Jadi Salah Satu Daerah yang Cepat Tuntaskan Penghitungan Suara

Reza Pahlevi
Kamis, 07 Mar 2024 06:29
KPU Wajo Jadi Salah Satu Daerah yang Cepat Tuntaskan Penghitungan Suara
Proses pemungutan suara yang dilakukan pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu. Foto: Ilustrasi
Comment
Share
WAJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo telah merampungkan perhitungan suara. Termasuk jadi daerah yang paling cepat kelar rekapitulasi nya di tingkat KPU Provinsi.

Bahkan dokumen hasil rekapan di tingkat Kabupaten telah dikirim ke KPU Provinsi SSulsel, sehari setelah rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten.

Sejauh ini, diketahui masih ada beberapa KPU Kabupaten yang masih belum merampungkan perhitungan suara ditingkat Kabupaten.

Komisioner KPU Kabupaten Wajo, Nazaruddin Zainali memberikan sedikit tips dan trik sehingga KPU Kabupaten Wajo mampu menjadi penyelenggara ditingkat Kabupaten yang mampu menyelesaikan rakapitulasi dengan aman dan lancar.

"Tentu harus dengan persiapan yang matang. Sejak awal persiapan, KPU Kabupaten Wajo banyak memberikan bimbingan teknis kepada PPK, PPS serta KPPS. Selain itu KPU Wajo juga melakukan bimtek terpadu antara PTPS, Anggota KPPS, dan PPS dengan PKD, dan PPK serta Panwascam, tujuanya adalah guna menyamakan persepsi terhadap perlakuan pemilih," ujarnya.

Tidak hanya itu, kunci utama keberhasilan KPU Kabupaten Wajo dalam menyelesaikan proses rekapitulasi suara di seluruh tingkatan yaitu komunikasi.

"Yang lebih penting adalah jalin komunikasi antara penyelenggara yakni Bawaslu, peserta pemilu serta instansi terkait, guna mengantisipasi hal hal yang akan merusak jalanya demokrasi, dan terbukti output dari semua itu membuat pemilu di wajo berjalan lancar," terangnya.

Menurut Nazaruddin, dokumen hasil rekapitulasi suara KPU kabupaten Wajo telah selesai dibacakan ditingkat KPU Provinsi.

"Alhamdulillah selesainya rekap tingkat kabupaten, KPU langsung membawa hasilnya ke provinsi, dan kemarin tanggal 5 pagi selesai pembacaan dengan lancar," pungkasnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru