Nasdem Beri Karpet Biru Kader Berprestasi untuk Maju Pilkada 2024

Tim Sindomakassar
Kamis, 14 Mar 2024 12:15
Nasdem Beri Karpet Biru Kader Berprestasi untuk Maju Pilkada 2024
DPW Nasdem Sulsel saat melakukan pendaftaran ke KPU Sulsel. Foto: Muhaimin
Comment
Share
MAKASSAR - Partai Nasdem memastikan untuk mengusung kader internal maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 nanti. Terutama bagi mereka yang mampu menjadikan partai ini sebagai pemenang Pemilu.

Dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel, Nasdem mampu menjadi pemenang Pemilu di 10 daerah. Namun hanya bisa mengusung sendiri di Kabupaten Pinrang (11 kursi), Sidrap (14 kursi), Enrekang (9 kursi), Pangkep (12 kursi) dan Kota Palopo (6 kursi).

Semenetara daerah lain, seperti Makassar, Jeneponto, Bantaeng, Sinjai dan Luwu harus berkoalisi dengan partai lain, karena belum mencukupi 20 persen persyaratan berkoalisi.

“Pastinya kami di NasDem akan mengutamakan kader. Sementara daerah yang harus berkoalisi dengan partai lain kami sudah meminta bagaimana mereka juga melakukan komunikasi dengan partai lain (agar bisa berkoalisi),” kata Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) Nasdem Sulsel, Tobo Haeruddin.

Saat ini, Nasdem sudah memetakan kader yang akan didorong di Pilkada 2024. Baik yang sudah menyelesaikan masa baktinya pada periode pertama, maupun yang masih menjabat.



Kader Nasdem yang saat ini masih menjabat sebagai kepala daerah ialah Ketua Nasdem Pinrang, Andi Irwan Hamid dan Ketua Nasdem Pangkep, Muhammad Yusran Lologau.

Selanjutnya mantan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin hingga beberapa kader mereka yang akan naik kelas dari wakil bupati seperti Asman di Enrekang, Paris Yasir di Jeneponto hingga sekretaris Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif yang digadang-gadang maju di Pilkada Sidrap.

“Jadi semuanya akan mengikuti melalui DPW, dan DPW nanti akan mengusulkan ke DPP (rekomendasi sebagai calon kepala daerah),” jelas Tobo.

Tak hanya itu, Nasdem juga bisa mengusung pasangan calon di Pilgub Sulsel 2024 tanpa koalisi. Partai ini mengunci 17 kursi di DPRD Sulsel hasil Pemilu 2024.

Kemudian dilanjutkan, Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse. Didampingi Istrinya yang juga Wakil Bendara DPP Nasdem Sulsel, Fatmawati Rusdi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada masyarakat Sulawesi Selatan.

Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse menyampaikan bahwa kemenangan ini adalah kepercayaan masyarakat kepada partainya. Ia menilai raihan 17 kursi bisa menjadi modal untuk menjadi maju di Pilgub Sulsel November mendatang.

"Jadi setelah melihat hasil, Insyaallah dengan kerja keras dan perjuangan teman-teman, kakak-kakak semua di Nasdem. Jangankan Pilkada kabupaten kota, Pilgub pun terbuka ruang bagi kita untuk menjadi pemenang," kata RMS.



Mantan Bupati Sidrap dua periode ini sudah memberikan sinyal untuk mendorong kader ke Pilgub Sulsel. Dengan perolehan 17 kursi itu, Nasdem sudah mengantongi tiket Pilgub Sulsel.

Nasdem bisa mengusung sendiri pasangan calon tanpa perlu berkoalisi dengan parpol lain. Sejumlah nama kader potensial mencuat yakni, Rusdi Masse, Fatmawati Rusdi, dan Syaharuddin Alrif. "Kita baru berpikir yah untuk usung kader di Pilgub," kunci anggota DPR RI itu.
(UMI)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Sulsel
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad melakukan monitoring pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan serentak 2024 beberapa titik di Kecamatan Binamu, Turatea, Batang dan Arungkeke Jeneponto.
Minggu, 07 Jul 2024 16:23
4 Kasus Pidana Pemilu di Luwu Timur Telah Inkracht
Sulsel
4 Kasus Pidana Pemilu di Luwu Timur Telah Inkracht
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Sukmawati Suaib mengungkapkan ada empat kasus pidana pemilu yang telah mendapatkan putusan berkekuatan hukum tetap atau inkracht.
Minggu, 07 Jul 2024 13:01
2 Pantarlih Seberangi Sungai Demi Coklit 13 Pemilih di Takalar
Sulsel
2 Pantarlih Seberangi Sungai Demi Coklit 13 Pemilih di Takalar
Dua Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) harus menyeberangi sungai demi melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih di Takalar.
Jum'at, 05 Jul 2024 20:00
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Sulsel
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2024 tentang Penyusunan Daftar Pemilih (PDP) dalam pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 14:29
Berita Terbaru